SKRIPSI PAI
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pada PAI Kelas VII A Di SMP Negeri 3 Kajen Kabupaten Pekalongan
Kurikulum Merdeka belajar merupakan konsep yang dibuat agar peserta didik dapat mendalami minat dan bakatnya masing-masing. Kurikulum merdeka merupakan penyempurnaan penanaman pendidikan karakter peserta didik dengan profil pelajar pancasila, yang terdiri dari 6 dimensi yang dijabarkan secara rinci dalam masing-masing elemen yang terdiri dari beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif.Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kajen termasuk dalam mata pelajaran yang mengalami perubahan kurikulum. Dengan menggunakan kurikulum merdeka belajar diharapkan tujuan pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam dapat tersampaikan dengan tepat sesuai dengan dimensi kurikulum merdeka belajar dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII A di SMP Negeri 3 Kajen, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII A di SMP Negeri 3 Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan lebih lanjut dari Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran PAI kelas VII A di SMP Negeri 3 Kajen. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan yang dilakukan dengan teknik mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran PAI kelas VII A di SMP Negeri 3 Kajen telah memberikan kebebasan kepada guru dalam memilih metode dan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun, ditemukan juga beberapa kendala dalam implementasi, seperti keterbatasan Sarana dan Prasarana dalam mendukung pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan lebih lanjut dari Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran PAI kelas VII A di SMP Negeri 3 Kajen.
24SK2421317.00 | SK PAI 24.317 KHU i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain