SKRIPSI PAI
Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Metode Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII Di SMP Takhassus Al Qur'an Rafina Tersono Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya implementasi pendekatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Pendidikan Agama Islam khususnya dalam menggunakan pendekatan pembelajaran harus memilih pendekatan yang mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam menyampaikan ide dan gagasan bagi peserta didik. Khususnya di SMP Takhassus Al Qur’an Rafirna Tersono Batang. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII di SMP Takhassus Al Qur’an Rafirna Tersono Batang Jenis penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru PAI SMP Takhassus Al Qur’an Rafirna Tersono Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendekatan Saintifik pada metode pembelajarana PAI untuk meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII di SMP Takhassus Al Qur'an Rafirna Tersono Batang diimplementasikan melalui kegiatan belajar mengajar di kelas dengan menarik siswa untuk mengamati pelajaran, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan di depan kelas. Dari pembiasaan tersebut, siswa kelas VII terbiasa melakukan pembelajaran yang dapat menarik kreativitas dengan mengamati pelajaran, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan.
24SK2421314.00 | SK PAI 24.314 ZAH i | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain