SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Amtsilati Dalam Mendukung Kelancaraan Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayaan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Metode Amtsilati dalam Mendukung Kelancaran Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya santri yang telah selesai mengaji TPQ/tamat TPQ yang tidak melanjutkan ngaji, ini menjadi keprihatinan para orang tua juga masyarakat sehingga dari Nurul Ghulam mendirikan jenjang yang lebih tinggi yaitu Madrasah Diniyah dengan pembelajaran kitab kuning menggunakan metode amtsilati. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan penggunaan metode amtsilati dalam mendukung kelancaran pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode amtsilati dalam mendukung kelancaran pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana evaluasi proses pembelajaran metode amtsilati dalam mendukung kelancaran pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah : Mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode amtsilati di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran amtsilati di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Mendeskripsikan evaluasi mengenai implementasi pembelajaran metode Amtsilati di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Desain Penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kualitatif pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni bersifat deskriptif. Ciri dari penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dimana data tersebut dikumpulkan dari hasil observasi, beberapa dokumen, dan wawancara. Dalam riset kali ini peneliti melakukan fokus penelitian lapangan (field research). Sumber data Primer, Sumber informasi utama yang dimaksud adalah Ustadz-Ustadzah di Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Kertijayan Buaran Pekalongan dan pembelajaran metode Amtsilati ataupun sumber lainnya digunakan sebagai data sekunder dalam penelitian ini. Teknik Keabsahan data diambil dari triangulasi, bahan refenrensi dan membercheck. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan dilakukan Pengajar setiap sebulan sekali yang bernama “ngaji ngopi” mengadakan pertemuan untuk membahas hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan pada saat belajar mengajar. pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode amtsilati cukup kondusif walaupun masih ada beberapa kekurangan-kekurangan. Adapun metode yang digunakan dalam mendukung kelancaran pembelajaran kitab kuning adalah metode amtsilati dengan menggunakan beberapa tehnik dalam pembelajarannya seperti klasikal baca simak, klasikal individual, dan individual atau sorogan. Tahap evaluasi untuk menilai sejauh mana santri memahami pelajaran yang sudah diajarkan dengan diadakan tes jilid, praktik membaca kitab dan hafalan, untuk tahap evaluasi pembelajaran diadakan pertemuan para pengajar untuk membahas halhal yang kurang atau masalah yang ada untuk dicarikan solusinya secara bersama-sama.
24SK2421311.00 | SK PAI 24.311 Ely i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain