SKRIPSI PAI
Implementasi Keterampilan 4C (Critical Thinking, Communation, Collaboration, Creativity) Pada Pembelajaran PAI di SMK N 4 Pekalongan
Perubahan dan perkembangan yang terjadi di Indonesia menyebabkan munculnya tantangan-tantangan baru yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Tantangan tersebut tidak hanya berupa kebutuhan dalam memanfaatkan sumber daya alam saja, namun juga pada sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga untuk menghadapi berbagai tantangan ini, diperlukan sumber daya manusia yang menguasai keterampilan abad 21. Oleh karena itu keterampilan abad 21 seperti critical thinking, communication, collaboration, creativity (4C) harus diterapkan di lembaga pendidikan terutama pada proses pembelajarannya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi keterampilan 4C pada pembelajaran PAI di SMK N 4 Pekalongan, bagaimana faktor pendorong dan penghambat proses implementasi tersebut, dan bagaimana dampak implementasi keterampilan 4C pada mata pelajaran PAI di SMK N 4 Pekalongan. adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi keterampilan 4C pada pembelajaran PAI di SMK N 4 Pekalongan, faktor-faktor yang mendorong dan menghambat implementasi keterampilan 4C pada pembelajaran PAI di SMK N 4 Pekalongan, dan dampak implementasi keterampilan 4C pada pembelajaran PAI di SMK N 4 Pekalongan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi keterampilan 4C pada pembelajaran PAI di SMK N 4 Pekalongan sudah terlaksana dengan baik, dilihat dari tahapan yang dilakukan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor yang xi mendorong implementasi keterampilan 4C pada proses pembelajaran yaitu minat dan motivasi dari diri siswa, motivasi dari guru, sarana prasarana yang mendukung, dan suasana kelas yang kondusif. Adapun faktor yang menghambatnya yaitu rendahnya minat siswa, sarana prasarana yang kurang memadai, suasana kelas yang ramai, dan keterbatasan waktu. (3) Dampak dari implementasi keterampilan 4C pada proses pembelajaran PAI yaitu terjadi perubahan pada diri siswa, seperti siswa menjadi lebih aktif, komunikatif, dan mudah berbaur dan bergaul dengan yang lain.
24SK2421307.00 | SK PAI 24.307 NUR i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain