SKRIPSI PAI
Upaya Menguatkan Akidah Ahlussunah Wal Jama'ah Di Pondok Pesatren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan
Pada saat ini, di Indonesia telah muncul beberapa kelompok yang beranggapan bahwa umat Islam di Indonesia memiliki pemahaman Islam yang keliru. Beberapa hasil survei menunjukkan bahwa paham radikalisme meningkat setiap tahunnya, dengan sasaran para pelajar dan pemuda yang memiliki semangat keagamaan tinggi namun tidak dilandasi dengan keimanan yang kuat. Oleh karena itu, paham akidah Ahlussunnah wal Jama’ah (aswaja) dengan karakteristiknya yang moderat perlu disebarkan untuk membentengi umat Islam dari paham radikalisme dan ekstrimisme dan supaya lebih bijak dalam menanggapi berbagai macam persoalan khilafiyah (perbedaan) di dalam agama. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana urgensi penguatan akidah Ahlussunnah wal Jama’ah santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan? 3. Bagaimana upaya penguatan akidah Ahlussunnah wal Jama’ah santri melalui pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan urgensi penguatan akidah Ahlussunnah wal Jama’ah santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong, dan mendeskripsikan upaya penguatan akidah Ahlussunnah wal Jama’ah santri melalui pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Pengasuh Pondok, Ketua Pengurus, Ustadz/Pengajar kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah dan Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong. Sumber data sekunder memuat berbagai literatur dan referensi yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Bojong menerapkan pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah untuk memberikan pemahaman tentang akidah aswaja dan mencegah pemikiran yang salah dalam beragama kepada para santrinya, dan dilaksanakan menggunakan metode bandongan dan didukung dengan teknik pembelajaran Teladan (uswah) dari guru dan Pembiasaan (adat) melalui program kegiatan pondok pesantren. Sebagai upaya menguatkan akidah aswaja santri, selain melalui pembelajaran kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong juga menerapkan beberapa program kegiatan pendukung. Dengan demikian, maka akan tertanam karakteristik akidah Ahlussunnah wal Jama’ah dalam diri santri. Karakteristik tersebut diantaranya yaitu tawazun, tasamuh, tawasuth dan i’tidal.
24SK2421302.00 | SK PAI 24.302 MUH u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain