SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan
Pembelajaran yang diterapkan secara nyata menjadikan pembelajaran lebih mengena. Hal ini berkaitan dengan hal-hal yang secara nyata di alami siswa dalam lingkungan masyarakat. Permasalahan yang dihadapi siswa di lingkungan masyarakat dan sekolah yang berkaitan dengan kehidupan beragama akan sangat menarik menjadi topik permasalahan dalam pembelajaran sehingga tepat menggunakan metode problem based learning dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Metode ini melatih kecakapan siswa dalam memecahkan permasalahan sehingga tingkat kreativitas berpikir siswa meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk implementasi metode Problem Based Learning dan bagaimana faktor pendukung serta penghambat metode Problem Based Learning untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa pada mata pelajaran PAI kelas 5 di SD Negeri Kradenan 01 kota Pekalongan. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bentuk implementasi metode Problem Based Learning dan faktor pendukung serta penghambat metode Problem Based Learning untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa pada mata pelajaran PAI kelas 5 di SD Negeri Kradenan 01 kota Pekalongan Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang guru PAI di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sementara analisis datanya menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk implementasi metode Problem Based Learning untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan yaitu: perencanaan, menyiapkan sarana prasarana, kesiapan dari warga sekolah, membuat modul ajar, guru PAI ikut serta dalam kegiatan KKG. Pelaksanaan, pelaksanaan terbagi dalam 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Evaluasi, evaluasi berupa penilaian yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Problem Based Learning untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan yaitu faktor pendukung: sarana prasarana, dukungan dari orang tua dan peran aktif dari warga sekolah. Faktor penghambat: media pembelajaran yang terbatas dan keaktifan siswa yang kurang.
24SK2421299.00 | SK PAI 24.299 SYA i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain