SKRIPSI EKOS
Pengaruh Motivasi, Locus of Control, Lingkungan Keluarga Dan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Kaum Millenial (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan )
UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sebagai salah satu perguruan yang menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki kualifikasi sebagai wirausaha khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha antara lain motivasi, locus of control, lingkungan keluarga, dan e-commerce.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang ditetapkan pada riset ini adalah sebanyak 97 orang mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.
Secara parsial variabel motivasi dan e-commerce memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha. Variabel locus of control dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Secara simultan semua variabel memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha.
Kata kunci: Pengaruh Motivasi, Locus of Control, Lingkungan Keluarga dan E-Commerce, Minat Berwirausaha
DAFTAR PUSTAKA
Afifah, S. (2015). Pengaruh Need for Achievement dan Locus Of Control Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Surakarta. Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ajzen. (1991). Teory of Planned Behavior (A. press. inc. University of Massachusetts at Amhers (Ed.)).
Akademik Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Akmalia, N. A. (2020). Pengaruh Locus Of Control (Lokus Kendali), Self Efficacy (Efikasi Diri), dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Bank Syariah Mandiri Wilayah Bogor. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–9.
Alma, B. (2011). Kewirausahaan (Cetakan 17). Bandung: Alfabeta.
Alvi, S. M. (2017). Hukum Yang Berlaku Dalam Sengketa Transaksi Bisnis Internasional Yang Menggunakan E-commerce. Jurnal Lex Librum, 3(1), 475–494.
Basrowi. (2016). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Beddu, M. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Berwirausaha Perempuan Terhadap Pengembangan Usaha Menjahit Di Kota Pare-pare. Akademi Sekretari Manajemen (ASM) AMSIR Pare-Pare 36, 1, 36–49.
Daryanto. (2012). Menggeluti Dunia Wirausaha. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, R. (2021). Minat Berwirausaha Melalui Pengetahuan, Motivasi Dan Self Efficacy Di Kalangan Millenial. Media Mahardhika, 19(2), 316–327.
Dimyati, M. &. (2013). Belajar dan Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Egga, A. (2017). Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha “Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Unika Soegijapranata. Skripsi Unika Soegijapranata.
Eka, A. S. (2017). Analisis Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kinerja Dengan Etika Kerja Islam Sebagai Variabel Moderating ( Studi Pada Karyawan Tetap Bank Jateng Semarang ). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Fitriani, A. W. (2021). Analisis Motivasi Berwirausaha Pada Generasi Milenial Di Kota Pontianak. Jiseb, 2(1), 73–81.
Gultom, E. (2021). Pengaruh E-Commerce , Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa ( Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru ). Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 40–46.
Hadyastiti, G. A. M. N., Suryandari, N. N. A., & Putra, G. B. B. (2020). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Motivasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Kharisma, 2(2), 174–187.
Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar & Mengajar (Cetakan 9). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamdani, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan dan E- commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Skripsi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Iin, S., Heri, S., & Komalasari, D. (2018). Motivasi Penggunaan E-commerce Dalam Berwirausaha Pada Siswa SMK Bina Jaya. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 8, 90–96.
Iskandar, Jaya, A., Warti, R., & Zaini. (2022). Statistik Pendidikan (Teori dan Aplikasi SPSS) (Moh.Nasrudin (Ed.); Cetakan ke). PT. Nasya Expanding Management.
Linggo, Y. P. (2019). Pengaruh Locus Of Control, Efikasi Diri, E-Commerce Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat …. Skripsi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Sumatera Barat Padang.
Miftahul, J. (2018). Konsep Keluarga Idaman dan Islami. International Journal of Child and Gender Studies, 4(5).
Muhammad, M. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomis Dan Bisnis Islam UIN STS Jambi). Skripsi, 23.
Mustofa, M. A. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 139.
Oktavia, D. W. I., Hariani, L. S., & Edi, W. (2018). Pengaruh Locus of Control , Jiwa Kewirausahaan, dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 2, 1–7.
Pradana, M. (2017). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), 163.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Untuk Penelitian Ekonomi Syariah. SPtaiaPress.
Putri, M. K. (2018). Pengaruh Faktor Kepribadian Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi Universitas Sanata Dharma, 106.
Rifkhan. (2017). Pengaruh Sikap, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntasi Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 5(1), 121–154.
Risnawita, G. M. N. & R. (2017). Teori-teori Psikologi (Cetakan II). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusli, H., Askandar, N. S., & Mahsuni, A. W. (2022). Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan, dan Penggunaan E-Commerce Terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jurnal E-JRA Vol. 11 No. 03 Agustus 2022 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 11(03), 30–37.
Saifuddin, A. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saputri, A. P. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2017). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.
Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 337–380.
Slamet, F., Tunjungsari, H. K., & Le, M. (2018). Dasar-dasar Kewirausahaan dan Teori. Jakarta: Rineka Cipta.
Sucipto, E. E. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Ibu Rumah Tangga Berwirausaha Secara Online. Jurnal Agora, 7(2014).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2003). Kewirausahaan: kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Taufik, A., Azhad, M. N., Achmad, D., & Hafidzi, H. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa: Factors Affecting Interest Business Students. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(1), p-ISSN.
Tyasningrum, L. (2021). Pengaruh Motivasi, Locus of Control, Lingkungan Keluarga dan E-Commerce Terhadap Minat Entrepreneurship Ibu Rumah Tangga Secara Online. Skripsi UMPP Pekalongan.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yanti, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus Of Control dan Karakter Wirausaha Pada Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Jurnal Ilmiah Simantek, 4(3), 148–157.
Yuwono, D. C., Murtini, W. M., & Subarno, A. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 19(2), 139–148.
24SK2441120.00 | SK EKOS 24.120 MAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain