SKRIPSI EKOS
Pengaruh Servicescape dan Good Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Ayam Bakar Umar Wiradesa)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh servicescape dan food quality, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Ayam Bakar Umar Wiradesa.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan sampel penelitian ini adalah 82 responden. Setelah melakukan penelitian, peneliti mendapatkan data yang dihitung menggunakan rumus Slovin. SPSS versi 25 digunakan untuk menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: secara parsial servicescape dan food quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, secara simultan servicescape dan food quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai koefisien determinasi yang dihasilkan adalah 0,457 atau 45,7%.
Kata Kunci: Servicescape, Food Quality, Kepuasan Pelanggan
DAFTAR PUSTAKA
Indah, D. R., Maulida, Z., & Amanda, M. R. (2018). Pengaruh Serviscape terhadap Kepuasan Konsumen di D’Barista Coffee Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2(2), 108–116. https://ejurnalunsam.id/ index.php/ jensi/article/view/939
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Iskandar, Jaya, A., Rini, W., & Zaini. (2022). Statistik Pendidikan (Teori dan Aplikasi SPSS). PT. Nasya Expanding Management.
Kurnia, A. N. (2019). Pengaruh Food Quality Dan Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada River Side Restaurant Palembang. Skripsi.
Lestari, E. F. (2021). Pengaruh Servicescape, Food Quality, dan Self Image Congruity Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Waroeng Spesial Sambal (SS) Pekalongan). Skripsi UMPP Pekalongan.
Lestari, E. N. F., Hidayat, Z., & & Budiwati, H. (2019). Pengaruh Variasi Produk dan Servicespace terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken di Lumajang). Journal of Organization and Business Management., 2(1), 16–19.
Maulani, I., M.Hufron, & M.Khoirul. (2020). Pengaruh Food Quality, Dining Atmosphere Dan Kesesuaian Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Kribo Coffee Jl. Joyo Agung No 53 B, Tlogomas Kec. Lowokwaru, Kota Malang). E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 108–122.
Maya Susanti, D. (2018). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Waroeng Spesial Sambal (SS) Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.
Mayliza, R. (2019). Analisis Customer Satisfaction dan Behavioral Intention dilihat dari Service Quality, Food Quality dan Price/Value di Restoran Mcdonald’S Depok. Osf, 1–13.
Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Media.com.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabelitas untuk Penelitian Ekonomi Syariah (A. Saifudin (ed.)). StaiaPress.
Putri, E. N., Sunarti, & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 63–72. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A72
Ruki, U. A. (2017). pengenalan Teori Servicescape Dan Pengenalannya dalam Desain Interior. Humaniora, 2(9), 11.
Salsabilah, T. (2018). Pengaruh Food Quality, Dining Atmosphere, Dan Kesesuaian harga Tehadap Kepuasan Pelanggan Cafe Ria Djenaka Shining Batu. Skripsi Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu
Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Konsentrasi Manajemen Pemasaran Malang.
Santoso, J. E. (2018). Pengaruh food quality, service quality, price promotion, dan customer satisfaction terhadap repeat purchase intention restoran solaria. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, vol.53.
Setiawan, H., Minarsih, M. M., & Azis, F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management, 2(2), 1–17.
Setiawati, S., Guspul, A., & Meftahudin, M. (2020). Pengaruh Service Quality, Food Quality, Price dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Cafe Eatbox Kitchen Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), 335–342. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i2.1229
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Andi Offset.
Tatangin, Ogi, A. E., W.J., I., Loindong, & R., S. S. (2017). Pengaruh Servicescape dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Mie Medan 99 Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 811–820
. https://media.neliti.com/ media/publications/130554-ID-pengaruh-servicescape-dan-kualitas-produ.pdf
Tengah, B. J. (2023). Jumlah Restoran/Rumah Makan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah 2019-2021. https://jateng.bps.go.id/indicator/ 16/119/1/jumlah-restoran-rumah-makan-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html
Utami, R. P., & Suryawardani, B. (2016). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Heaven’s Café and Boutique Bandung Tahun 2016). Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan PKM Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 237–244.
Vonika, T., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Uda Fes Kuliner’s Cabang Juanda di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 3(1), 108. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8530
Wijaya, W. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(2), 581–594.
http://publication.petra.ac.id/ index.php/ manajemen-perhotelan/article/view/6198/5698
Yulianti, B. A., & Satya, I. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Food Quality, Dan Customer Satisfaction Melalui Perceived Value Terhadap Behavioral Intention Pada Pelanggan Gofood Di Wilayah Dki Jakarta. Solusi, 19(4), 314. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i4.4335
24SK2441116.00 | SK EKOS 24.116 LIL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain