SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Dan Atmosfer Café Terhadap Loyalitas Konsumen Muslim Pada Café Oasis Coffee Pekajangan Pekalongan
Pada era milenial sekarang ini sangat membawa dampak yang besar bagi dunia bisnis dan pola hidup masyarakat, salah satunya yaitu dalam dunia food and bavarage. CAFÉ merupakan salah satu tempat yang banyak diminati oleh banyak orang untuk berkumpul bersama teman, keluarga, bertemu klien, dan menyelesaikan tugas maupun pekerjaan, atau hanya sekedar untuk bersantai. Dengan banyak munculnya bisnis kuliner kafe semakin banyak pula persaingan pelaku bisnis, Hal dapat ditandai dengan maraknya usaha kafe - kafe baru yang bermunculan. Pelaku bisnis bersaing satu sama lain dengan tujuan untuk memeperluas cakupan pasar dan mempertahankan eksistensinya dengan mempertahankan loyalitas konsumen dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kualitas pelayanan, kualitas produk, harga dan atmosfer caffe. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan atmosfe caffe terhadap loyalitas konsumen caffe baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 konsumen Oasis Coffe Pekajangan Pekalongan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah actidental sampling, dimana peneliti membagikan secara acak kepada konsumen Oasis Coffe Pekajangan Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kualitas produk, harga, dan atmosfer café berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Secara simultan kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan atmosfer café berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai fhitung 51,243 > ftabel 2,70 dengan angka signifikan 0,000 < 0,05 artinya variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan atmosfer café terhadap loyalitas konsumen café. dari hasil koefisien determinasi pada hasil estimasi maka variabel vloyalitas konsumen di oasis coffe pekajangan pekalongan mampu dijelaskan oleh variabel-variabel kualitas pelayanan, kualias produk, harga, dan atmosfer café sebesar 67,9%.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Atmosfer Café, Loyalitas Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Assael, H. (2001). Consumer Behavior and Marketing Action, Edisi ke-6. South Western College Publishing, California, 2001.
Bungin, Burhan. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu sosisal lainnya. Jakarta: Kencana.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harini. 2008. Makroekonomi Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:Alfabeta.
Husaini, Usman & Setiadi. (2003). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Irawan & Wijaya. (2000). Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Kasali, Rhenald. (1998). Membidik Pasar Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. (2000) Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Implikasi, dan Keuangan, Edisi Ke-8. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., Garry Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid I. Jakarta:Erlangga.
Muhammad. (2005) Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: BPFE. Prayitno & Duwi. (2010) Paham Analisa Data Statistik dengan SPSS.(Yogyakarta: Mediakom).
Setiadi, Nugroho J. (2016). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D (cetakan ke- 14). Bandung: Alfabeta.
Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Swastha, Basu, Sukotjo. (2000) Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swastha, Basu. (2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE. Tjiptono, F. (2006). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yusuf Qardawi, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, Cetakan Keempat, Hadits Nomor 1314, Bab Al-Buyuu’, (Jakarta: Robbani Press, 2004), hlm.316
Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.. Jakarta: Prenada Media Group.
Jurnal :
Ananda, R., Lie, D., Butarbutar, M., & Inrawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Sisam
Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 50- 62.
Andriani, Dinda. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana Reso terhadap Keputusan Pembelian pada Café and Resto Sugar Rush di Bontang”. Jurnal Administrasi Bisnis: Unmul, Vol.8 (1).
Anggarawati, I. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(01), 40-49.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762-6781.
Dewi, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien pengguna BPJS dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 146-156.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.
Firmansyah, D., & Prihandono, D. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120-128.
Gunawan, T., Fathorrahman, F., & Handoko, Y. (2019). Efek Mediasi Kepuasan Pelanggan atas Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(2), 189-204.
Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna café dan resto Cabana Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Setyowati, E. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel pemediasi. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 102-112.
Sumiyati, S., & Nugroho, R. (2021). Pengaruh Atmosphere, Keragaman Produk dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Café Combi di Kota Pontianak. Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 8(1).
Sutanto, P. (2013). Analisa pengaruh service quality, price, dan customer relationship terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening di Rumah Makan Taman Handayanisurabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-9.
Skripsi :
ALWI AM LUBIS, M. U. H. A. M. M. A. D. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada CAFÉ Meuligoe Kupi Atjeh (Doctoral dissertation, UMSU).
Asnawi, Said Kelana & Chandea Wijaya. (2005). Riset Keuangan Pengujian- Pengujian Empiris. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Indriswari Puspa Ratri. Pengaruh kualitas produk, harga, dan atmosfer CAFÉ terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan seagai variabel intervening (Studi pada CAFÉ harmony Nganjuk). 2019
SANAJI. S. (2016). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Kafe Coffee Refresho di Tulungagung).
Internet :
AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia). 2022. Industri Kopi Indonesia. https://www.aeki-aice.org/industri-kopi/ Diakses pada 22 September 2022.
24SK2441115.00 | SK EKOS 24.115 AHM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain