SKRIPSI EKOS
Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk , Service Excellence dan Religiositas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus Pada Toko Morowangi Kota Pekalongan )
Perkembangan zaman telah merubah kegiatan industralisasi dunia semakin modern. Produk yang dihasilkanpun beragam dan memiliki kualitas yang bagus. produsen perlu memperhatikan produk yang dihasilkan dapat sampai ke tangan konsumen dan dapat memenangkan persaingan di pasar. Salah satunya adalah toko morowangi yang menyediakan produk oleh-oleh haji dan umroh. Memahami perilaku konsumen untuk membentuk keputusan pembelian dapat dilakukan dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya, diantaranya yaitu: lokasi, keragaman produk, service excellence dan religiositas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lokasi, keragaman produk, service excellence dan religiositas terhadap keputusan pembelian di toko morowangi kota pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 24.0
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi, keragaman produk, service excellence dan religiositas berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk. Kemudian secara simultan, lokasi, keragaman produk, service excellence dan religiositas juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0.000Ftabel sebesar 3,855>2,70. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,658 yang artinya lokasi, keragaman produk, service excellence dan religiositas memiliki kemampuan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 65,8%.
Kata kunci: Lokasi, Keragaman Produk, Service Excellence, Religiositas dan Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Aditya, G., Ristanto, H., Kusmanto, K., & Rubiyati, R. (2022). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Rocket Chicken Karangjati). JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 7(2), 1-15.
Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). Pengaruh kualitas layanan, brand image, harga dan kepercayaan produk terhadap keputusan pembelian (studi layanan e-commerce Berrybenka. com). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 10-29.
Aina, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hafiz Resto di Siak Sri Indrapura (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Alawiyah, T. (2019). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Toko Ladys Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Apsa, Y., Mutia, A., & Sissah, S. (2020). Pengaruh Persepsi Religiositas Dan Persepsi Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi).
Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Amarta Mlilir Jl. Ponorogo-Madiun (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Arifianto, E. (2018). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, Keragaman Produk dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kentucky Fried Chiken (Kfc) Cabang Ahmad Yani Padang.
Astuti, D. P. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur).
Diakses dari: http://repository. metrouniv. ac. id/id/eprint/719.
Baharuddin, J. (2021). Pengaruh religiusitas dan perilaku terencana terhadap minat menggunakan cashless pada masyarakat Kota Jayapura dimasa Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1306-1312.
Banurea, S. A., & Aisyah, S. (2022). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Kantin UIN Sumatera Utara. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 2(4), 555-560.
BI, F. P. (2021). Pengaruh Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Konsumen Toko Rempah-rempah ANDA di Solok) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Fitria, S., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiositas dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37-48.
Gafar, Aswan. (2021). Pengaruh Pelayan Prima Terhadap Keputusan Penggunaan Konsumen Terhadap Jasa Layanan Gojek (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Bukittinggi).
Skripsi. Iain Bukittinggi.
Handayani, F. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Keamanan dan Kemudahan Bertransaksi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online dengan Promosi Penjualan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Segmen Remaja di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Hartono, S., & Yani, B. A. (2019). Pengaruh Harga, Keragaman Produk dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT. Index Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).
Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109-119.
Huda, Muhammad Najibul. 2021. Pengaruh Penetapan Harga, Kelengkapan Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Koperda Batang. Skripsi. Pekalongan: Uin Gusdur Pekalongan
Ibnunas, B. G. (2020). Pengaruh Religiositas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada CNI Street Food di Jakarta Barat) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ikhsan, R. R. N., & Sukardi, S. (2020). Pengaruh Religiositas, Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), 49-55.
Jl, A. A., & De Yusa, V. (2019). Pengaruh Kepercayaan (Trust) menggunakan E-commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Bisnis Darmajaya, 5(1), 13-22.
Kebudayaan, S. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Motor Suzuki Satria F 150 Pada Pt. Sinargalesong Pratama Di Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).
Lestari, D. (2021). Pengaruh E-commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)
Maulidi, R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Religiositas, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus Siswa Sma Negeri 1 Ambarawa) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA)
Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiositas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(3), 174-186.
Mirnawati, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Pada WYD (Wear Your Design) Distro Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya)
Nufus, Z., Ningsih, P. A., & Anggraeni, L. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Konsumen Zadir Hijab Collection Jambi (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Nugroho, D.K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tono Motor Di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.
Nurlia, L. (2021). PENGARUH LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGUNJUNG DI MINIMARKET MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER. Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(1), 1-12.
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukm Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1154-1170.
Putra, A. P., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Coffee Culture Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1349-1355.
Putra, V. S. (2021). Pengaruh Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Wisna Fresh Desa Siman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)
Riyanto, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rumah di Cluster Iskandar Muda (Studi Kasus PT. Surya Metal Berjaya) (Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma).
Saputra, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Saputri, S. A., & Novitaningtyas, I. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk dan review beauty vlogger terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Among Makarti, 15(1).
Setyawati, H. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiositas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Accounting and Management Journal, 5(1), 39-46.
Somantri, G. (2018). Aspek Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Oleh Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi.
Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, fasilitas dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 10(1), 1-12.
Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, fasilitas dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 10(1), 1-12.
Syahbuddin, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor (Studi pada Masyarakat Petani Kopi di Desa Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291.
Wicaksana, awang. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Folk Store. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Widyawati, E. (2019). Analisis pengaruh Islamic Branding dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Mina Wisata Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Wijayanti, T., Bathara, L., & Yulinda, E. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pecel Lele di Sepanjang Jalan Riau Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 3(2), 34-44.
Winih, T. S. (2021). analisis pengaruh pelayanan prima (service excellence) terhadap kepuasan pelanggan pada swalayan ismart ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 559-573.
24SK2441098.00 | SK EKOS 24.098 ERI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain