SKRIPSI BPI
Positive Self Talk untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi
Permasalahan yang kerap kali hadir bagi santri atau pelajar itu pasti ada. Salah satunya adalah rendahnya motivasi dalam belajar. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Motivasi belajar sangat memengaruhi siswa/santri dalam menjalani proses pembelajaran. Melalui novel negeri 5 menara beberapa permasalahan motivasi belajar disajikan dan bagaimana cara mengatasinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi motivasi belajar santri dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan bagaimana makna positive self talk untuk menumbuhkan motivasi belajar santri dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kondisi motivasi belajar santri dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan untuk mengetahui makna positive self talk untuk menumbuhkan motivasi belajar santri dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Jenis penelitian kepustakaan dengan pendektan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak catat. Analisis yang digunakan dari hermeneutika Schleiermacher dengan analisis hermeneutika gramatikal dan psikologi. Hasil peneitian menunjukkan bahwa Kondisi motivasi belajar dalam novel negeri 5 menara turun naik dapat dlihat kurang adanya dorongan dalam diri, semangat belajar, tidak mempunyai tujuan belajar, kurang percaya diri, dan hilang harapan. Kondisi motivasi belajar yang cukup tinggi adanya hasrat dan juga keinginan untuk berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, perghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik, serta kondisi lingkungan yang kondusif. Penerapan positive self talk yang di lakukan tokoh utama tergolong sukses karena dapat menumbuhkan semangat belajar.
24SK2435074.00 | SK BPI 24.074 SIL p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain