SKRIPSI TP
Kaderisasi UKM Gemalawa Untuk Membentuk Karakter Anggota Dalam Perspektif Tasawuf
Penelitian ini mengkaji tentang kaderisasi UKM GEMALAWA untuk membentuk karakter anggota dalam perspektif tasawuf. Fokus utama penelitian ini adalah pada empat dimensi karakter yaitu tanggung jawab, disiplin, kepedulian, dan komitmen. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan anggota muda UKM GEMALAWA yang mengikuti proses kaderisasi, observasi, dan analisis dokumen internal organisasi. Sistem kaderisasi dalam UKM GEMALAWA dikemas dalam sebuah kurikulum pendidikan. Ada enam tahapan kurikulum pendidikan yang harus dilalui oleh anggota muda untuk menjadi anggota tetap dan melanjutkan kepengurusan ukm gemalawa. Tahapan kurikulum pendidikan ini harus dilalui anggota muda dalam kurun waktu paling lama dua tahun. Tahap-tahap tersebut meliputi Pra-PAB, PAB, pengembaraan, Pendidikan Lanjutan (dikjut), spesialisasi, dan pelantikan. Proses kaderisasi dalam UKM GEMALAWA memiliki keterkaitan yang erat dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip tasawuf, dan mempengaruhi pembentukan karakter anggota Muda UKM GEMALAWA dalam hal tanggung jawab, disiplin, kepedulian, dan komitmen. Dalam konteks urban sufisme, pandangan terhadap tanggung jawab, disiplin, kepedulian, dan komitmen dapat diartikan sebagai bagian integral dari perjalanan spiritual yang dapat diterapkan di UKM GEMALAWA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kaderisasi dalam UKM GEMALAWA mempengaruhi pembentukan karakter anggotanya. Perspektif tasawuf kontemporer diintegrasikan dalam proses kaderisasi untuk memperkuat karakter anggota muda UKM GEMALAWA. Dengan integrasi nilai-nilai tasawuf anggota muda UKM GEMALAWA mampu mengembangkan tanggung jawab yang tulus, disiplin yang kuat, kepedulian terhadap sesama, dan komitmen terhadap organisasi. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh proses kaderisasi dalam perspektif tasawuf kontemporer terhadap pembentukan karakter anggota muda UKM GEMALAWA yang memiliki implikasi positif terhadap pengembangan karakter dan kepedulian terhadap alam.
24SK2433016.00 | SK TP 24.016 MUH k | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain