SKRIPSI MD
Strategi Fundraising dalam Upaya Meningkatkan Perolehan Dana ZIS pada Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Brebes
Pengelolaan zakat tidak hanya sebatas pemberdayaan dana zakat saja, tetapi yang terpenting adalah strategi fundraising atau strategi pengumpulan dana zakatnya. Salah satu keberhasilan lembaga pengelola zakat terletak pada kemampuan dalam menghimpunan dana. BAZNAS Kabupaten Brebes merupakan lembaga amil zakat yang dibentuk resmi oleh pemerintah Kabupaten Brebes, sudah pasti bahwa fundraiser di BAZNAS Kabupaten Brebes memiliki strategi fundraising sendiri khususnya dalam meningkatkkan perolehan dana zakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana implementasi strategi fundraising dan 2) faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan strategi fundraising dalam upaya meningkatkan perolehan dana zis di lembaga BAZNAS Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi fundraising serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan strategi fundraising BAZNAS Kabupaten Brebes dalam upaya meningkatkan perolehan dana zis. Salah satu kegunaan penelitian ini adalah sebagai panduan strategi fundraising dalam menjalankan lembaga pengelolaan zakat infaq dan shadaqoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari strategi fundraising zakat di BAZNAS Kabupaten Brebes menggunakan dua metode, yaitu strategi langsung dan tidak langsung. Implementasi strategi fundraising langsung seperti sosialisasi, setor langsung ke kantor, jemput bola dan prospecting. Strategi fundraising tidak langsung seperti kotak infak, banking channel dan QRIS, pembentukan UPZ, online fundraising, sosialisasi melalui media suara lampu merah, spanduk, sosialisasi melalui pawai serta lomba karya tulis tentang zakat. Faktor pendukung pelaksanaan strategi fundraising BAZNAS Kabupaten Brebes diantaranya letak strategis, media sosial. Faktor pendorong pelaksanaan strategi fundraising yaitu letak strategis kantor BAZNAS Kabupaten Brebes, jumlah ASN yang lumayan banyak, legalitas hukum yang jelas, manajemen pengelolaan zakat yang baik, media sosial, dan BAZNAS Brebes pernah mendapatkan Award terbaik dalam pendistribusian oleh BAZNAS Pusat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kepercayaan masyarakat, rendahnya kesadaran masyarakat akan zakat, dan masih banyak masyarakat yang awam terhadap media online.
24SK2436017.00 | SK MD 24.017 YUL s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain