SKRIPSI PGMI
Eksperimentasi Metode Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Di MI Darussalam Juragan
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran PKn di MI Darussalam Juragan ada permasalahan yaitu proses belajar mengajar yang cenderung menggunakan metode ceramah dan belum divariasikan dengan metode lain. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dan aktivitas belajar siswa juga tidak terlihat dalam proses belajar mengajar. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan metode diskusi kelompok kecil dalam pembelajaran PKn , dengan metode ini diharapkan siswa lebih bersemangat dan lebih mengerti semua materi pelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1)Bagaimana hasil belajar sebelum diterapkan metode diskusi kelompok kecil siswa di kelas IV MI Darussalam Juragan Kabupaten Batang? 2)Bagaiman a hasil belajar sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil siswa di kelas IV MI Darussalam Juragan Kabupaten Batang? 3)Apakah ada perbedaan antara sebelum dan sesuadah diterapkan metode diskusi kelompok kecil siswa kelas IV MI Darussalam Juragan Kabupaten Batang. Jenis penelitian yang digunakan disini merupakan penelitian lapangan. Dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini yakni kelas IV. Hasil penelitian menjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas IV dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar PKn sebelum diterapkan metode diskusi kelompok kecil di MI Darussalam Juragan diperoleh nilai rata-rata 64,88. 2) Hasil belajar PKn sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil di MI Darussalam Juragan diperoleh nilai rata-rata 86,92. 3) Terdapat perbedaan belajar metode diskusi kelompok kecil terhadap hasil belajar PKn di MI Darussalam Juragan. Hal ini dibuktikan bahwa uji hipotesis pada kelas IV tersebut, maka hasil yang diperoleh adalah 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari Sig.(2-failed) α = 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan sebelum dan sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Darussalam Juragan.
24SK2423091.00 | SK PGMI 24.091 KHI e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain