SKRIPSI PGMI
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Tematik Di SD Negeri 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran Tematik di sekolah sering dijumpai permasalahan seperti masih ada siswa yang menganggap mata pelajaran Tematik sulit dipelajari, rendahnya daya serap siswa dan kurangnya keaktifan belajar siswa. Dalam hal ini, peran guru sangat penting dalam memilih dan menentukan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture sangat membantu guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?, 2)Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa kelas II SD Negeri 01 Petukangan. Adapun sumber data sekundernya adalah sumber data tertulis yang didapatkan melalui buku, jurnal, dan arsip. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan pembelajaran dengan guru kelas membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan. Adapun tahap pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa proses kegiatan antara lain: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tahap terakhir yaitu evaluasi pembelajaran dengan guru kelas melakukan evaluasi berupa tes dan non tes. Faktor pendukung implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan, antara lain: keaktifan siswa, model pembelajaran yang tepat, dan lingkungan belajar yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: terbatasnya sarana dan prasarana dan keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami materi.
24SK2423088.00 | SK PGMI 24.088 SRI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain