TESIS PBA
تطوير المواد التعليمية لمهارة الكلام من خلال المدخل الاتصالي على أساس إحتياجات الطلاب الفصل العاشر في المدرسة المهنية الإسلامية سافوغاروت بيكالونجان (Pengembangan Bahan Ajar Untuk Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Untuk Membantu Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X di SMK Islamiyah Sapugarut Pekalongan)
Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat empat keterampilan yang perlu dikuasai siswa, yaitu keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Dalam pembelajaran bahasa Arab, materi yang digunakan tidak sesuai dengan keterampilan profesional siswa, dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab siswa kurang berminat
mempelajari bahasa arab, sehingga peneliti mengembangkan materi pendidikan yang sesuai untuk kemampuan berbicara profesional siswa khususnya pada Kelas 10 profesi Memasak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (D&R) yang mengacu pada model Borg and Gall.Proses pengembangan model ini terdiri dari sepuluh langkah: (1) Potensi dan permasalahan (2) Pengumpulan data (3) Desain produk, ( 4) Validasi desain (5) Review desain (6) Uji coba produk, (7) Review produk (8) Penggunaan eksperimen - (9) Review produk (10) Produksi
Akhir, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu jajak pendapat, tes, wawancara, dan dari hasil analisis data yang diperoleh maka dihasilkan hipotesis
alternatif dan hipotesis tersebut diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa arab siswa yang berkaitan dengan vokasi khususnya vokasi memasak, sebelum dan sesudah penggunaan pendidikan keterampilan berbicara pendidikan ini.
Penelitian ini menghasilkan hal-hal sebagai berikut: Penelitian ini dihasilkan atas dasar pendekatan komunikatif yang efektif dalam proses pendidikan, dengan melihat hasil pengalaman individu enam siswa menunjukkan 90,93% sangat baik dan jujur, dan hasil angket dari percobaan lapangan terhadap empat puluh siswa dari kelas “A dan B menunjukkan 91,76%, artinya sangat baik dan jujur, dan peneliti memperoleh hasil menyetujui buku yang dikembangkan dari segi desainnya 82, berarti dapat diterima, dan dari segi ahli konten, hasilnya 87,3 artinya dapat diterima.
24TS2455004.00 | TS P.PBA 24.004 ROY t | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain