SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pendekatan Cooperative Learning Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Ulujami Pemalang
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajran yang diterapkan di TK Negeri Pembina Ulujami Pemalang yaitu model pembelajaran kelompok (cooperative learning). Model pembelajaran kelompok (cooperative learning) merupakan suatu pola pembelajaran yang berbentuk kelompok-kelompok kecil dan anak kerjasama dengan teman satu kelompok dalam memahami materi pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran kelompok (cooperative learning) ini salah satu strategi untuk membentuk tanggung jawab anak. Dengan berbagai kegiatan yang disiapkan dalam tiap kelompok, anak akan bisa bertanggung jawab pada diri sendiri maupun kelompok dalam menyelesaikan kegiatan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Pendekatan Cooperative Learning dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia dini di TK Negeri Pembina Ulujami Pemalang. Faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi Pendekatan Cooperative Learning dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia dini di TK Negeri Pembina Ulujami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (Field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan adalah model Milles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pendekatan Cooperative Learning dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia dini dilakukan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendekatan cooperative learning dalam membentuk karakter tanggungjawab anak usia dini. Yang menjadi faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana yang memadai, dan APE (Alat Peraga Edukatif). Sedangan faktor penghambatnya yaitu pengelompokan yang tidak tepat, dan perbedaan minat anak.
24SK2424070.00 | SK PIAUD 24.070 MEL i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain