SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Giving Question And Getting Answer Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Di MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan
Permasalahan yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu adanya siswa yang mendapat nilai bahasa Arab di atas KKM tetapi kurang bersemangat karena minat terhadap bahasa Arab yang sedikit. Dalam pembelajaran bahasa Arab, guru menggunakan metode giving question and getting answer .Guru juga membiasakan praktek bahasa Arab untuk ditirukan siswa. Berdasarkan uraian diatas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : Pertama, bagaimana implementasi metode giving question and getting answer dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Ma‟arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan?. Kedua, bagaimana kelebihan dan kekurangan dalam implementasi metode giving question and getting answer dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Ma‟arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan?. Ketiga, bagaimana solusi dalam mengatasi kekurangan implementasi metode giving question and getting answer dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Ma‟arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan?. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif Miles dan Hubermen yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan bersamaan dengan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang menjadi subjek penelitian awalnya mendapat nilai 79 dengan kurangnya minat belajar sekarang mendapat peningkatan hasil belajar menjadi 89 yang diikuti dengan peningkatan rasa minat siswa tersebut sehingga disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan efektif, proses pelaksanaan pembelajaran juga berjalan dengan baik serta proses evaluasi siswa kelas VIIIB di MTs Ma‟arif NU Sragi terlaksana dengan efisien. Metode question and getting answer dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah membuat situasi kelas menjadi lebih hidup, semua siswa memiliki kesempatan yang sama dalam berpendapat, guru dapat mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, dan sebagai bentuk dukungan terhadap siswa agar memiliki jiwa pemberani berpikir secara kritis. Sedangkan kekurangannya yaitu siswa terkadang bertanya ulang mengenai materi yang sudah diterangkan dengan jelas, terdapat siswa yang hanya diam atau dan tidak merespon ketika pembelajaran berlangsung juga ketika sesi tanya jawab, serta ada beberapa pertanyaan yang sifatnya menyimpang dari pokok pembahasan materi. Solusi yang dilakukan guru dalam meminimalisir kekurangan tersebut yaitu guru dapat menunjuk siswa yang tidak aktif atau tidak memberi pertanyaan atau jawaban, menetapkan garis batas mengenai topik atau materi jika tetap diluar materi ada sanksinya, dan pembiasaan sikap siswa untuk tidak mudah percaya dengan suatu hal sehingga mencari kebenaran dari buku/ orang yang ahli dengan cara menuliskan sumber informasi tersebut dijadikan sebagai referensi.
24SK2422009.00 | SK PBA 24.009 AYU i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain