SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Metode Takrir Berbantu Papan Tempel Ayat Al-Qur'an Terhadap Keterampilan Menghafal Surah Al-Fil Pada Siswa Kelas III Di MI NU Rowolaku Kajen Dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Menghafal juga dikenal sebagai memori dan mempelajarinya melibatkan psikologi kognitif khususnya peran manusia sebagai pengolah informasi tidak menutup kemungkinan keseluruhan siswa di MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang masih terdapat peserta didik yang kurang bersungghuh-sungguh dalam menghafal yang dikarenakan metode menghafal pada pembelajaran AlQur’an Hadits masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik jenuh dan kurang bersemangat dalam menghafalkan. ada tiga proses dalam memori yaitu merekam, menyimpan, dan mengambil informasi. Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Fil pada siswa kelas III di MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Fil pada Siswa Kelas III MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk design Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Teknik analisis data dengan Uji Independent T-test. Populasi yang diteliti adalah peserta didik kelas III di MI NU Rowolaku Kajen dengan jumlah 27 siswa dan MIM Delegtukang dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik. metode pengumpulan data dilakukan peneltiian langsung yaitu: observasi, Tes, Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil uji T independent didapatkan nilai signifikansi atau nilai p value 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan rata-rata nilai belajar pretest MI NU Rowolaku Kajen (Eksperimen) dan MI Muhammadiyah Delegtukang Wiradesa (kontrol). hasil perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 0.71 dan rata- xiii rata posttest kelas kontrol sebesar sehingga diperoleh gain 0,71 > 0,7 yang memiliki peningkatan hasil belajar dengan kriteria nilai gain tinggi.
24SK2423082.00 | SK PGMI 24.082 MUN e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain