SKRIPSI PGMI
Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V MIS Kertoharjo Kota Pekalongan
Minat baca merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam meraih ilmu pengetahuan dan teknologi, jika minat baca tinggi maka sangat membantu keberhasilan seseorang dalam proses belajar. Hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca yaitu kemampuan membaca pemahaman seseorang. Kemampuan membaca pemahaman sendiri merupakan salah satu strategi membaca yang bertujuan untuk memahami bacaan secara baik untuk menangkap arti kata yang digunakan penulis, mampu menangkap makna yang tersurat dan tersirat serta dapat membuat kesimpulan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana minat baca siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan? Kedua, bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan? Ketiga, adakah pengaruh antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat baca siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan, untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui adakah pengaruh antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-postfacto dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket dan metode tes. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Analisis uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, minat baca siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan termasuk dalam kategori cukup tinggi dengan nilai rata-rata 66, kedua, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan termasuk dalam kategori cukup tinggi dengan nilai rata-rata 82, ketiga, berdasarkan analisis data dari tabel Coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan berdasarkan pada nilai t, diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,943 > dari ttabel 2.064 sehingga ada pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y yaitu antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan (Ha diterima dan H0 ditolak). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Kertoharjo Kota Pekalongan.
24SK2423071.00 | SK PGMI 24.071 KHO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain