SKRIPSI PGMI
Pengaruh AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Salafiyah Kauman Wiradesa
Pokok permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia salah satunya disebabkan oleh rendahnya minat membaca. Membaca menjadi kunci kesuksesan dalam belajar. Prestasi siswa akan naik jika siswa sering membaca kembali materi yang sudah diajarkan oleh guru sehingga mampu menjawab permasalahan yang ada. Membaca perlu dibiasakan sejak dini seperti di Sekolah Dasar. MI Salafiyah Kauman Wiradesa merupakan salah satu sekolah dasar di kabupaten Pekalongan yang mengikuti AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) yang diadakan oleh Kementerian Agama tahun 2021. Pelaksanaan AKMI bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi siswa dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi social budaya. Dari hasil AKMI yang diperoleh untuk literasi membaca di MI Salafiyah Kauman Wiradesa ini berada ditingkat “Cakap” artinya perlu adanya tindak lanjut dari pihak sekolah agar bisa naik ke tingkat selanjutnya seperti halnya yang sudah diterapkan saat ini yaitu gerakan literasi sekolah. Berdasarkan argument diatas, penulis memiliki asumsi bahwa terdapat pengaruh antara AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) literasi membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) Literasi Membaca memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa, khususnya di kelas V MI Salafiyah Kauman Wiradesa. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian dilakukan dengan cara penyebaran angket mengenai AKMI literasi membaca dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan pengukuran, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 responden,jawaban responden akan mewakili seberapa besar pengaruh AKMI literasi membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa. Hasil dari penelitian ini diantaranya:1). Hasil AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) literasi membaca di MI Salafiyah Kauman Wiradesa termasuk dalam kategori cakap atau sedang.2) Besar koefisien determinasi dalam model regresi ini adalah 0,40 yang menunjukkan bahwa 40% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh adanya AKMI literasi membaca, sedangkan 60% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel selain AKMI literasi membaca.3) Berdasarkan output PASW Statistics 18 diketahui t hitung sebesar 15,521 dan dengan jumlah 39 responden di mana db=39-2=37 dan signifikansi 0,05 maka diperoleh t tabel sebesar 1,68488. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 15,521 > 1,68488 maka ditolak dan diterima. Sehingga kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara AKMI literasi membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa di MI Salafiyah Kauman Wiradesa.
24SK2423067.00 | SK PGMI 24.067 FAT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain