SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VI SD Negeri Larikan kecamatan Doro
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, padahal hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Hasil belajar dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui seberapa jauh perubahan pada diri siswa. Hasil belajarsiswa khususnya pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Negeri Larikan tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VI SD Negeri Larikan Kecamatan Doro serta menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penilitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Larikan yang berjumlah 20 siswa, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Metode tutor sebaya yang diterapkan oleh guru kelas VI SD Negeri Larikan melalui 3 tahapan, 1) Tahap persiapan, (a) guru menyiapkan materi pembelajaran, (b) guru menentukan siswa yang bertugas sebagai tutor, (c) guru mengelompokan siswa. 2) Tahap Pelaksanaan, (a) guru menyampaikan materi pembelajaran, (b) siswa belajar dalam diskusi kelompok, (c) guru mengawasi jalanya proses belajar. 3) Tahap Evaluasi, (a) guru memberikan soal-soal latihan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 60%, dimana yang tadinya hanya 6 dari 20 siswa kini menjadi 18 dari 20 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Hal ini membuktikan bahwa implementasi metode tutor sebaya pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang sangat membantu siswa. Implementasi metode tutor sebaya memiliki faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya. Faktor pendukung, 1) Adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa, 2) Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran cukup tinggi. Faktor penghambat, 1) Terbatasnya waktu dan kesibukan yang dimiliki oleh guru, 2) Suasana kelas yang kurang kondusif disebabkan oleh siswa.
24SK2423064.00 | SK PGMI 24.064 AYU i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain