SKRIPSI PGMI
Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Tembang Dolanan Berbasis Pendidikan Karakter Religius Di MII Karangsari Karanganyar Pekalongan
Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Tembang Dolanan Berbasis Pendidikan Karakter Religius pada kelas III di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dilatar belakangi bahwasannya pendidikan karakter sebagai suatu proses pembudayaan dari nilai-nilai luhur yang telah ada di lingkungan masyarakat, khususnya di dalam lingkungan satuan pendidikan yaitu sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan pembelajaran berbasis budaya melalui tembang dolanan yang dapat dilakukan untuk membentuk suatu karakter yang baik. Proses pembentukan karakter ini dapat dilakukan melalui suatu pendidikan karakter di sekolah, dimana dalam kegiatan belajar mengajar guru tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan saja melainkan juga mampu menanamkan dan membentuk nilai pada peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Tembang Dolanan Berbasis Pendidikan Karakter Religius pada kelas III di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa materi tembang dolanan berbasis pendidikan karakter religius pada kelas III di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru kelas III , dan siswa kelas III A di MII Karangsari Karanganyar. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu setelah data terkumpul diolah, kemudian dianalisis dan disimpulkan dalam bentuk uraian. Hasil dari penelitian ini ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Tembang Dolanan Berbasis Pendidikan Karakter Religius di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan terlaksana dengan cukup baik antara guru dan peserta didik. Pelaksanakan pembelajaran bahasa Jawa berbasis pendidikan religius dimulai dengan adanya suatau perencanaan yang dilakukan guru yaitu dengan memasukkan pendidikan karakter religius ke dalam RPP, setelah membuat perencanaan guru melaksanakan proses pembelajaran bahasa Jawa dan dalam proses pembelajaran guru mengintegrasikan mata pelajaran bahasa Jawa materi tembang dolanan dengan pendidikan agama sesuai isi dari tembang dolanan, kemudian dengan pembiasaan dalam pengamalan agama yang dilaksanakan secara nyata seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran, membaca Al-Quran dan salat dzuhur bersama, dan yang terakhir guru melakukan evaluasi pembelajaran ketika pembelajaran baik melalui tiga aspek penilaian yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Adapun timbal balik yang dilakukan guru kepada peserta didik adalah dengan adanya reward dan teguran. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa materi tembang dolanan berbasis pendidikan karakter religius di MII Karangsari adalah motivasi belajar siswa, sarana prasarana yang memadai dan kerja sama yang baik antara orang tua, wali kelas dan pihak sekolah. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa materi tembang dolanan yaitu, tidak adanya guru bahasa Jawa, waktu yang sangat sedikit, kesulitan siswa di dalam dalam memahami kata sulit dalam tembang dolanan bahasa Jawa.
24SK2423060.00 | SK PGMI 24.060 MES i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain