SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Iqro' Dalam Surat Al 'Adiyat Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas V Di MI Muhammadiyah Delegtukang Wiradesa Pekalongan
Metode iqro’ memberi kesempatan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuannya masing-masing untuk meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran khususnya membaca Al-Qur’an. Dari membaca Al-quran dilaksanakan dengan program metode iqro` melalui pembelajaran Alquran Hadits. MI Muhammadiyah Delegtukang Wiradesa Pekalongan menerapkan penanaman metode iqro` melalui pembelajaran Al-quran Hadits pada surat Al- `Adiyat, sehingga peneliti tertarik dan memaparkan rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana penerapan metode iqro` pada surat Al-Adiyat bagi peserta didik kelas V di MI Muhammadiyah Delegtukang Wiradesa Pekalongan ?, 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode iqro` pada kelas V di MI Muhammadiyah Delegtukang Wiradesa Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan menerapkan metode iqro` pada surat Al-Adiyat dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode iqro`. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Menggunakan data primer dari tenaga kependidikan MI Muhammadiyah Delegtukang (kepala sekolah, guru agama, dan siswa) dan data sekunder seperti referensi buku. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan metode iqro` mampu meningkatkan minat belajar membaca Al-quran bagi peserta didik dan juga dapat membantu meningkatkan semangat peserta didik dan menjadikan peserta didik nyaman dalam belajar. Penerapan metode iqro` ini dilakukan setiap muatan pelajaran Al-Quran Hadits oleh guru agama yang diawali dengan memimpin doa secara bersama-sama di kelas. Setelah berdoa peserta didik dituntun membaca surat Al-Adiyat secara klasikal sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf. Hal ini dilakukan dilakukan secara berulang dengan harapan peserta didik dapat membaca dengan lancar. Kemudian peserta didik ditunjuk satu per satu untuk membaca secara mandiri (privat). Dengan metode iqro` peserta didik diajarkan membaca Surat Al-Adiyat dengan murottal menggunakan nada nahawan. 2) Faktor pendukung dan penghambat seperti minat siswa, dukungan orang tua, dan waktu yang terbatas.
24SK2423058.00 | SK PGMI 24.058 KHA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain