SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Media Audio Visual Dalam Menghafalkan Bacaan Sholat Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kluwih 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Penelitian ini mengkaji tentang bacaan sholat pada mata pelajaran fiqih kelas II MII Kluwih 01 Kec. Bandar Kab. Batang, Dalam mata pelajaran fiqih, banyak sub bab yang akan dibahas dalam proses pembelajaran dikelas, salah satunya sub bab tentang sholat, dimana dalam sub bab tersebut anak didik dianjurkan untuk bisa menghafal bacaan-bacaan shalat, namun banyak anak didik dalam proses pembelajaran tersebut kurang memahami materi pembelajarannya, seperti halnya yang terjadi di kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kluwih 01, dalam pelajaran fiqih materi pembalajaran shalat, masih banyak anak didik yang masih kurang fokus disaat guru sedang menjelaskan, Bu Erna sebagai guru kelas 2, beliau mengungkapkan bahwa dalam proses penyampaian materi pelajaran,khususnya dalam materi pelajaran fiqih bab sholat, masih banyak anak yang kurang fokus dalam mencerna materi tersebut, yang mengakibatkan banyak peserta didiknya belum lancar dalam menghafal bacaan-bacaan shalat. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dalam menghafal bacaan sholat pada mata pelajaan fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kluwih 01 Kec.Bandar Kab.Batang. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dalam menghafal bacaan sholat pada mata pelajaran fiqih kelas II MII Kluwih 01 Kec. Bandar Kab. Batang? 2. Bagaimana problematika penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dalam menghafal bacaan sholat pada mata pelajaran fiqih kelas II MII Kluwih 01 Kec. Bandar Kab. Batang? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti yakni pendidik (guru) dan anak didik (siswa). Data dalam skripsi ini diperoleh dari pendidik (guru) dan peserrta didik (siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan dalam menghafal bacaan sholat pada mata pelajaan fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kluwih 01 adalah metode demonstrasi dengan media audio visual, yakni menekankan pada penyampaian materi secara verbal dari pendidik ke peserta didik dengan tujuan untuk memberi kepemahaman dan penguasaan materi oleh peserta didik serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahap perencanaan, yakni menyiapkan metode, materi dan sumber pembelajaran yang akan disampaikan. Pada tahap pelaksanaan, guru menjelaskan materi sesuai dalam mata pelajaran fiqih khususnya di bab hafalan bacaan sholat. Pada tahap ini dilakukan dengan menerapkan metode yang telah direncanakan. Metode yang digunakan antara lain metode demonstrasi dengan media audio visual, tanya jawab, diskusi, dan ceramah. Pada tahap ix evaluasi dilakukan melalui tes baik tertulis, lisan maupun sikap, penugasan, dan tanya jawab. Problematika yang dialami dalam penerapan penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dalam menghafal bacaan sholat pada mata pelajaan fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kluwih 01 yaitu dari faktor internal seperti kondisi psikis anak, dan kemampuan anak didik dalam mengafal bacaan sholat.Sedangkan faktor eksternal diantaranya ada faktor alokasi waktu, sarana dan prasarana.
24SK2423057.00 | SK PGMI 24.057 BEL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain