SKRIPSI PGMI
Analisis Nilai Pendidikan Karakter Percaya Diri Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye Guna Menciptakan Generasi Yang Tangguh Dan Bertumbuh
Latar belakang masalah ini adalah berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, terdapat beberapa anak ataupun remaja yang memiliki rasa insecurity yang tinggi. Untuk membentuk pendidikan karakter percaya diri dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya dengan media novel. Seperti pada novel Si Anak Spesial karya Tere Liye. Novel ini mampu memberikan gambaran tentang bagaimana pola asuh orangtua yang menanamkan nilai pendidikan karakter percaya diri kepada si tokoh utama. Dengan keadaan yang demikian, penulis bermaksud menganalisis nilai pendidikan karakter percaya diri dalam novel si anak spesial karya tere liye guna menciptakan generasi yang tangguh dan bertumbuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aspek-aspek nilai pendidikan karakter percaya diri dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye dan bagaimana strategi penanaman nilai pendidikan karakter percaya diri dalam Novel Si Anak Spesial karya Tere Liye guna menciptakan generasi yang tangguh dan bertumbuh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penulis menggunakan buku-buku, majalah ilmiah dan dokumen manuskrip maupun terkait pemikiran-pemikiran yang ada dimana dari data-data tersebut kemudian dikategorikan berdasarkan relevansinya dengan pokok permasalahan yang akan dikaji. Sumber data primer berupa novel Si Anak Spesial karya Tere Liye, sedangkan sumber data sekundernya berupa buku-buku, majalah ilmiah, dokumen-dokumen dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan novel Si Anak Spesial karya Tere Liye dan nilai-nilai pendidikan karakter percaya diri. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian dari rumusan masalah yang pertama yakni menunjukkan bahwa dalam novel Si Anak Spesial karya Tere Liye ini memuat aspek-aspek yang dapat membentuk rasa percaya diri seseorang sebagaimana yang dipaparkan oleh Lauster antara lain: sikap bertanggungjawab, objektif, optimis, yakin dengan kemampuannya dan rasional. Kemudian pada hasil rumusan masalah yang kedua yaitu memaparkan strategi yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter percaya diri dalam novel Si Anak Spesial karya Tere Liye ini antara lain: memberikan validasi kepada anak, menjadi pendengar yang baik untuk anak, melatih kemadirian anak, memberikan contoh tauladan yang baik, memberi ruang pada anak untuk berkembang dan memberikan nasihat kehidupan kepada anak.
24SK2423056.00 | SK PGMI 24.056 TRE a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain