SKRIPSI PGMI
Eksperimentasi Media Fun Thinkers Book Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Islamiyah Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Di kelas, sebagian siswa tetap diam dan mengalihkan perhatian teman-temannya, karena ada hal yang lebih menarik untuk difokuskan selain buku, guru, dan teman. Untuk mengatasi hal ini, siswa harus memperkuat pemahaman mereka tentang materi dengan meninjau kembali apa yang telah dipelajari, sehingga menghindari kebingungan. Akibatnya, waktu terbuang sia-sia dan kesempatan belajar lainnya mungkin terlewatkan. Peneliti menyimpulkan bahwa media belajar diperlukan untuk mengurangi ketergantungan pada papan tulis dan buku. Penggunaan media akan membawa kegembiraan dan hiburan bagi siswa ketika menghadapi konsep baru. Penelitian ini dilaksanakan MI Islamiyah Karangsari Karanganyar tepatnya di kelas IV A dan IV B. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media fun thinkers book (2) Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan media fun thinkers book (3) Untuk mengetahui perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Uji coba instrument yang digunakan adalah uji validitas instrument dan uji reliabilitas instrument, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji t dengan menggunakan rumus independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat Belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media fun thinkers book pada mata pelajaran IPAS kelas IV MI Islamiyah Karangsari dapat dikategorisasikan ke dalam 3 kategori. Pada kelas eksperimen terdapat 3 responden yang berada pada kategori rendah, 19 responden pada kategori sedang, 7 responden berada pada kategori tinggi. (2) minat belajar pada kelas kontrol tanpa menggunakan media fun thinkers book mata pelajaran IPAS kelas IV MI Islamiyah Karangsari dapat dikategorisasikan ke dalam 3 kategori. 4 responden berada pada kategori rendah, 21 responden berada pada kategori sedang, 4 responden berada pada kategori tinggi. (3) Berdasarkan output IMB SPSS 29 Statistics 29 diketahui t hitung sebesar -4.914 dengan jumlah 56 responden dimana df=n1+n2-2= 56 dan signifikansi 0,05 di peroleh t tabel 1,701. Sehingga t hitung > t tabel yaitu - 4.914>1,701 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara minat belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran IPAS kelas IV MI Islamiyah Karangsari.
24SK2423055.00 | SK PGMI 24.055 AAN e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain