SKRIPSI PGMI
Pengaruh Itensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Proposial Siswa Di SDN 02 Kajen Pekalongan
Kelompok anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) belum mampu mengelola waktu belajar mereka dengan baik. Hal ini tercermin dari betapa sulitnya anak melepaskan diri mereka dari penggunaan gadget. Berdasarkan penelitian, Indonesia adalah negara yang memiliki pengguna sosial media yang paling aktif di Asia dengan memiliki 79,7% user aktif. Dilihat dari usia penggunanya, penggunaan media gadget pada anak berusia 5 tahun yaitu 38% pada tahun 2011, kemudian meningkat menjadi 72% pada tahun 2013, dan 80% pada tahun 2015. Jika hal ini terjadi secara terus menerus tanpa tanpa pengawasan orang tua tentu akan berdampak buruk bagi perkembangan sosial anak. Sejalan dengan fakta yang ada di lapangan dan dampak buruk yang menjadi implikasinya, dilakukanlah penelitian ini dengan mempertimbangkan pengaruh yang ditimbulkan antara intensitas penggunaan gadget dan perilaku prososial. Adapun tujuan terperinci dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya pengaruh antara Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Prososial, 2) Seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Prososial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian adalah siswa di SD Negeri 02 Kajen sebanyak 42 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang disesuaikan dengan jumlah siswa di masing-masing kelas. Adapun pertanyaan yang diajukan dalam bentuk angket tersebut terkait dengan Intensitas Penggunaan Gadget (X) dengan jumlah pertanyaan sebanyak 24 pertanyaan dan Perilaku Prososial (Y) sejumlah 24 pertanyaan. Hasil tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 17.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Intensitas Penggunaan Gadget pada kategori rendah sebanyak 7 siswa, kategori sedang sebanyak 20 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 15 siswa, 2) Perilaku Prososial pada kategori rendah sebanyak 16 siswa, kategori sedang sebanyak 21 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 5 siswa, 3) Ada pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Prososial dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,00 dan Fhitung sebesar 11.661. Koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai sebesar 0,773. Hal ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget mempengaruhi perilaku prososial sebesar 77,3%, sedangkan 22,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat didalam penelitian ini.
24SK2423054.00 | SK PGMI 24.054 NUR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain