SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas III Di MI YMI Wonopringgo
Matematika adalah pelajaran yang dihindari dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, dilihat dari pelajaran matematika yang banyak siswa kesulitan belajar berhitung. Sehingga guru memberika metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian. Salah satu metode yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam berhitung perkalian yaitu menggunakan metode jarimatika. Metode jarimatika adalah alat bantu hitung menggunakan jari tangan. Metode jarimatika yang digunakan dalam operasi hitung perkalian dasar adalah bilangan 6 hingga 9. Metode jarimatika dilambangkan dengan jari yang ditutup bernilai puluhan akan dijumlahkan dan jari yang dibuka bernilai satuan akan dikalikan. Hasil dari nilai yang dijumlahkan dan dikalikan kemudian digabungkan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian kelas III di MI YMI Wonopringgo 02. 2) apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian kelas III di MI YMI Wonopringgo 02. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini untuk Penerapan Metode Jarimatika dalam pembelajaran perkalian kelas III di MI YMI Wonopringgo 02 dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan metode jarimatika yang direncanakan berdasarkan RPP. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari tiga langkah yaitu langkah kegiatan pembuka, langkah kegiatan inti, dan langkah kegiatan penutup. Dan tahap evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes dan non tes. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian kelas III di MI YMI Wonopringgo 02 yaitu adanya semangat yang tinggi dari siswanya, metode diajarkan secara berulang-ulang, media pembelajaran yang praktis dan efisien. Sedangkan faktor penghambatnya seperti pemahaman beberapa siswa pada konsep jarimatika, kurangnya kesadaran siswa untuk berlatih dirumah.
24SK2423047.00 | SK PGMI 24.047 MUT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain