SKRIPSI PGMI
Pengaruh Aktivitas Penghafal Juz'amma Terhadap Mental Siswa Di Kelas III SD Islam Setono 01 Kota Pekalongan
Menghafal Juz‟amma bukan hanya suatu tugas klasik dalam pendidikan Islam, tetapi juga merupakan proses mendalam yang menghubungkan siswa dengan ajaran suci Al-Quran. Di sini menhafal Juz‟Amma dapat mempengaruhi hal lain, salah satunya mental anak. Perkembangan mental anak-anak adalah tahap penting dalam pembentukan kepribadian dan peningkatan kapasitas kognitif mereka. Aktivitas seperti menghafal Juz‟amma dapat memengaruhi aspek-aspek seperti motivasi, percaya diri, dan ketahanan mental. Pada latar belakang yang ada peneliti membahas pengaruh aktivitas menghafal Juz‟Amma terhadap mental siswa di kelas III SD Islam Setono 01. Untuk mengkaji ini peneliti memaparkan beberapa rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana aktivitas menghafal di kelas III SD Islam Setono 01?. 2) Bagaimana mental siswa di kelas III SD Islam Setono 01?, dan 3) Adakah pengaruh aktivitas menghafal Juz‟Amma terhadap mental siswa di kelas III SD Islam Setono 01?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas menghafal di kelas III SD Islam Setono 01, menganalisis mental siswa di kelas III SD Islam Setono 01, dan menganalisis pengaruh aktivitas menghafal Juz‟Amma terhadap mental siswa di kelas III SD Islam Setono 01. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Menggunakan sampel jenuh dari populasi kelas III di SD Islam Setono 01. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode angket, serta analisis dimulai dari uji pendahuluan, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: : 1) Aktivitas menghafal di kelas III SD Islam Setono 01 dalam kategori sangat tinggi. 2) Mental siswa di kelas III SD Islam Setono 01 dalam kategori tinggi, dan 3) terdapat pengaruh signifikan aktivitas menghafal Juz‟Amma terhadap mental siswa di kelas III SD Islam Setono 01 sebesar 45,6%.
24SK2423044.00 | SK PGMI 24.044 THO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain