SKRIPSI PGMI
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Tema Adaptasi Makhluk Hidup Kelas VI Sekolah Dasar Islam 05 Kota Pekalongan
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 dengan tema adaptasi makhluk hidup kelas VI di Sekolah Dasar Islam 05 Kota Pekalongan untuk diuji kelayakan serta mengetahui tingkat kemenarikan produk. Media interaktif ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep adaptasi makhluk hidup dengan pendekatan yang menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan mengevaluasi kurikulum yang ada. Tahap desain melibatkan perancangan konten dan struktur media interaktif. Tahap pengembangan melibatkan proses pembuatan media menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash 8. Media interaktif yang dikembangkan mencakup berbagai elemen multimedia, seperti animasi, audio, dan elemen interaktif lainnya untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Setelah media interaktif selesai dikembangkan, dilakukan uji validasi kelayakan media dan materi. Implementasi pada siswa kelas VI di Sekolah Dasar Islam 05 Kota Pekalongan dilakukan untuk mengetahui kemenarikan produk dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran dengan kategori sangat layak digunakan dengan nilai akhir rata-rata yaitu 93,75% untuk validasi materi dan 89,37% untuk validasi media, dengan hasil penilaian kemenarikan siswa terhadap produk ini sebesar 84,87%. Hasil pengembangan produk ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan di Sekolah Dasar Islam 05 Kota Pekalongan, khususnya dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep adaptasi makhluk hidup. Media interaktif berbasis Macromedia Flash 8 ini dapat menjadi alternatif yang inovatif dan menarik dalam mendukung pembelajaran di kelas VI. Hasil pengembangan produk ini juga dapat digunakan sebagai menjadi rujukan dalam pengembangan media pembelajaran ataupun dapat digunakan sebagai rujukan penelitian-penelitian selanjutnya yang saling berkaitan. Kesimpulannya, perkembangan teknologi di Indonesia mempunyai implikasi yang signifikan terhadap pendidikan, khususnya dalam bidang pembelajaran interaktif.
24SK2423035.00 | SK PGMI 24.035 NIS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain