SKRIPSI KPI
Analisis Naratif Nilai Dakwah Talent Film " Ali dan Ratu Ratu Queens"
Penelitian ini membahas tentang bagaimana nilai dakwah dalam sebuah film dianalisis keseluruhannya menggunakan analisis naratif. Film yang berasal dari online atau Over the Top (OTT) dengan genre non-religi atau yang dibahas peneliti yaitu genre drama komedi. Film yang peneliti gunakan adalah film Ali dan Ratu-Ratu Queens. Bagaimana sebuah film apakah masih bisa dijadikan sebagai media dakwah untuk masyarakat yang dimana metode dakwah ini sangat dekat kaitannya dengan masyarakat yaitu contoh yang nyata atau melalui dakwah melalui perbuatan. Selain itu, disini peneliti juga menganalisis bagaimana komunikasi antarpribadi yang terjadi dari para pelaku talent dalam filmnya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian kali ini ada 2 yang dibawakan oleh peneliti. Diantaranya yaitu (1) Bagaimana narasi dalam Film Ali dan Ratu-Ratu Queens menurut Teori Tzevtan Todorov? (2) Bagaimana nilai dakwah pada Film Ali dan Ratu-Ratu Queens pada narasi Tzevtan Todorov? Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: mengetahui narasi pada talent dalam Film Ali dan Ratu-Ratu Queens. Kemudian tujuan kedua adalah mengetahui nilai dakwah pada Film Ali dan Ratu-Ratu Queens pada narasi Tzevtan Todorov. Analisis data yang dilakukan berasal dari setiap adegan yang ditampilkan dilihat dari narasi filmnya sendiri menurut teori Tzevtan Todorov. Kemudian, nilai dakwah dengan menyesuaikan alur dari analisis naratif Tzvetan Todorov. Terakhir adalah sebuah kesimpulan dari analisis yang sudah dilakukan. Hasilnya dalam penelitian kali ini terdapat pembagian durasi visual dari alur-alur narasi yang terdiri dari di detik 00.00.30-00.36.34 alur awal terjadi, kemudian detik berikutnya 00.36.34-01.25.10 alur tengah yang ditandai dengan adanya beberapa gangguan, terakhir di detik 01.25.10-01.37.27 alur akhir muncul dengan keseimbangan, namun tidak sama kondisinya dengan keseimbangan pada alur awal. Kemudian dalam nilai-nilai dakwah pada alur awal ada 8 nilai dakwah yang terkandung didalamnya. Pada alur tengah ada 4 nilai dakwah dan alur akhir ada 3 nilai-nilai dakwah yang dikategorikan melalui 3 meode dakwah yaitu bil qalam, bil lisan, dan bil hal pada aqidah, akhlak, dan syariah. Dalam hal ini, unsur akhlak lebih mendominasi pada film Ali dan Ratu-Ratu Queens.
24SK2434047.00 | SK KPI 24.047 SAL a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain