SKRIPSI PBS
Pengaruh Pengetahuan , Persepsi , dan Minat Mahasiswa Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia ( Studi Kasus mahasiswa Febi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan )
Pengetahuan, persepsi dan minat menabung menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam menabung di BSI Indonesia. pengetahuan tentang pentingnya menggunakan BSI harus lebih diutamakan agar keputusan nasabah dalam menabung di BSI semakin meningkat. Persepsi dari mahasiwa juga dapat ditingkatkan dengan dorongan dari individu lain sehingga minat menabung juga semakin tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, persepsi, dan minat mahasiswa FEBI terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Total populasi sebanyak 2.569 mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang aktif, dengan menggunakan teknik random sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 97 responden yang diambil dengan menggunakan metode slovin. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, yang terdiri dari satu variabel dependen dan tiga variabel independen. Penelitian ini di uji dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan, persepsi, dan minat berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan menabung yang mampu mempengaruhi sebesar 71,5%, dan untuk sisanya 28,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar riset ini. Kemudian variabel pengetahuan, persepsi, dan minat berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan menabung.
Kata Kunci: Pengetahuan, Persepsi, Minat, dan Keputusan Menabung.
DAFTAR PUSTAKA
Afifah, N. 2020. Pengaruh Pendapatan Mahasiswa dan Pengetahuan Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Afriadi, K. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Yogyakarta: Skripsi.
Amini, A. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Andespa, R. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan.
Antonio, M. S. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Azizah, N. 2021. Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiwa Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Stai Auliaurrasyidin Tembilahan). Riau.
Bakhtiar, A. 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Chapra, M. U. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Dahlan, A. 2010. Bank Syariah Teoritik. Jakarta: Graha Ilmu.
Devi, H. T. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Bekasi: Gramata Publishing.
Eti Rochiyati, D. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi Spss. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Fadhilah, D. 2021. Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pesantren Di Bank Syariah.
Fijriah, N. 2021. Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Metro).
https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4433/1/Skripsi Nuril Fijri - Nuril Fijri.pdf
Fuadah, A. 2018. Pengaruh tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Dan Presepsi Terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah (Studi kasus mahasiswa S1 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam IAIN Tulunggagung). Skripsi. IAIN Tulungagung
Hastuti, F. G. 2018. Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, Dan Ekonomi Di Sulawesi Tenggara. Jurnal Ekonomi Dan Hukum.
Huasaini, A. 2013. Filsafat Ilmu Perspektif Barat Dan Islam. Jakarta: Gema Insani.
Ibrahim, H. R. 2016. Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati. Jurnal Ekonomi Syariah Vol.4 No.1.
Indah, A. 2005. Attitudes, personality and behaviour. open university press-mmc graw-hill education.
Jogiyanto. 2007. Sistem Teknologi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.
Julianita, H. S. 2013. SPSS Vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Kanuk, L. S. 2008. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Media.
Karim, A. A. 2004. Bank Islam Analisis Fiqh Dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kasmir. 2001. Buku Ajar. Jakarta: Graha Media.
Keller, P. K. 2008. Manjemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Koster, B. D. 2001. Statistika Dan Probabilita. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kuncoro, M. 2007. Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKON.
Lusardi, A. 2012. numaracy, financial literacy, and financial desicion making. Jurnal National Bureau of Economic Research.
Mappier, A. 1997. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Meliono. 2017. Filsafat Ilmu Dan Pengetahuan. Yogyakarta: Gema Insani.
Muhammadd. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Pt. Raja Grafindo.
Muhammad, D. 2018. implementation Of Oversight Policy, Apparatus Competense And Organizational Culture And Its Effect On Performance Of Field Supervision Basic Education. International Journal Science and Society.
Nurngaeni. 2018. Pengaruh Pengetahuan Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto) Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah.
Priansa, D. J. 2010. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Jakarta: Pt Raja Grafindo.
Ria Mariana Safitri, D. 2017. Hadits-Hadits Terkait Investasi (Menabung). Jurnal Hadits Dan Ekonomi UIN Walisongo Semarang.
Sandria, W. 2018. Persepsi Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Keputusan Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Jambi.
Saputri, G. 2014. Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unismuh Angkatan 2016). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Saraswati, P. 2013. Penerimaan E-Commerce, Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Resiko. Jurnal Program S1 Jurusan Akuntansi FEBI Universas Brawijaya Malang.
Sihabudin, A. 2011. Komunikasi Antarbudaya Satu Perspektif Multidimensi. Jakarta : Pt Bumi Aksara.
Silalahi, U. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Slamento. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarta, P. D. 2004. Psycgology Of Service (Sebuah Pengantar Dalam Memberikan Pelayanan Secara Paripurna). Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudarsono, heri. 2009. Dampak Krisis Keuangan Global Terhadap Perbankan Di Indonesia: Perbandingan Antara Bank Konvensional Dan Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam.
Supriani, S, dkk. 2021. Pengaruh Budidaya Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Journal of Islamic Banking and Finance.
Teddy, M. 2015. Literasi Pengetahuan Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Menulis. Lentera Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a9
Umah, R.. dkk. 2018. Pengaruh Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam. https://doi.org/10.47467/elmal.v1i1.281
Wardhani, W. dkk. 2016. Pengaruh Persepsi & Preferensi Konsumen Terhdap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi
https://doi.org/10.29244/jmo.v6il.12183
Wiwin, K. 2015. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Mandiri (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam). Uin Sunan Kalijaga: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16910/1/BABI%2CIV%2CDAFTARPUSTAKA.pdf
24SK2442098.00 | SK PBS 24.098 LIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain