SKRIPSI PGMI
Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Pengembangan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas IV MI Luqman Al Hakim Slawi Kabupaten Tegal
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema menggunakan untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk menemukan berbagai pengetahuan yang dipelajarinya Sikap sosial adalah tingkat jalan interaksi anak dan orang lain, mulai dari orang tua, saudara, teman bermain, hingga masyarakat luas. Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: (1) bagaimana implementasi pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik di kelas IV MI Luqman Al Hakim Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik di kelas IV MI Luqman Al Hakim kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui implementasi pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik di kelas IV MI Luqman Al Hakim Kecamatan Slawi kabupaten Tegal. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap sosial di kelas IV MI Luqman Al Hakim Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik di kelas IV MI Luqman Al Hakim slawi melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun perencanaan yang dilakukan oleh guru kelas IV guru melaksanakan pembelajaran tematik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran tematik dan sudah dengan metode kooperatif seperti diskusi, presentasi, sopan, tanggungjawab percaya diri dengan demikian dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik akan muncul. Dan evaluasi pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik di kelas IV guru menyesuaikan dengan evaluasi pembelajaran tematik dan mengikuti tiga aspek yaitu aspek penilaian observasi, aspek penilaian diri dan aspek penilaian antar peserta didik. Yang dilakukan oleh guru yaitu dilaksanakan pada proses pembelajaran berupa penilaian kompetensi baik spiritual maupun sikap sosial. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pada implementasi pembelajaran tematik dalam mengembangkan sikap sosial. Untuk faktor pendukungnya seperti keluarga, guru, teman kelas dan lingkungan sekolah dan untuk faktor penghambat seperti teman sebaya yang masih kurang bergaul keterbatasan waktu pembelajaran dan kurang kesadaran pentingnya sikap sosial bagi peserta didik.
24SK2423033.00 | SK PGMI 24.033 TRE i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain