SKRIPSI PGMI
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di MI Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat beberapa sekolah yang belum maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Di antara sekolah yang dimaksud di atas adalah MI Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, sekolah ini memiliki caranya tersendiri, yaitu dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara serempak satu kali dalam seminggu dengan guru pengampu atau guru kelas masing-masing. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana problematika dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di MI Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan, bagaimana solusi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di MI Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di MI Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan, mendeskripsikan solusi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di MI Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana problematika pelaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di MI Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru kelas 1, guru kelas 2, guru kelas 3, guru kelas 4, guru kelas 5, guru kelas 6 dan 1 kepala sekolah. Sedangkan sumber data sekundernya adalah didapat dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MI Salafiyah Kuripan Kidul dikatakan kurang efektif. Hal ini dilihat dari dua segi yaitu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan kondisi fisik sekolah serta sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Guru kelas hanya mempunyai kompetensi dalam perencanaan. Sedangkan kompetensi guru kelas yang lain yaitu dalam pelaksanakan dan evaluasi pendidikan jasmani, tidak sepenuhnya sesuai dengan teori yang ada. Kedua dilihat dari segi sarana dan prasarana, MI Salafiyah Kuripan Kidul masih terbilang kurang lengkap. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru kelas karena harus memodifikasi sarana dan prasarana yang tidak dimiliki oleh MI Salafiyah Kuripan Kidul.
24SK2423031.00 | SK PGMI 24.031 MAU p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain