SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca Dan Menulis Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SLB Negeri Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang. Hasil informasi diperoleh bahwa ada beberapa tempat pendidik SLB yaitu SLB 1 dan SLB 2, dimana disekolahan tersebut anak tunagrahita ringan belum bisa membaca dan menulis, tetapi tidak halnya dengan SLB Negeri Batang ini disana anak tunagrahita ringan sudah dapat membaca dan menulis dengan baik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang.. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang, (2) Untuk mengetahui kendala dan solusi guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa indonesia di SLB Negeri Batang. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman: Kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis pada anak tunagrahita harus diajarkan secara terbimbing. Kemudian ada 5 upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis, yaitu (1) Memberikan bimbingan belajar membaca dan menulis (2) Memberikan jam tambahan (3) Menggunakan media pembelajaran (4) Membangkitkan mood belajar anak dengan nyanyian (5) Melibatkan Orang Tua. Kemudian Kendala dan solusi guru dalam upaya mengembangkan ketrampilan membaca dan menulis anak tunagrahita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri Batang ialah mengenai Tingkat kemampuan anak tunagrahita yang berbeda-beda. Solusinya dengan (1) Memberikan jam tambahan belajar membaca dan menulis (2) Membimbing anak membaca dan menulis.
24SK2423029.00 | SK PGMI 24.029 RIZ u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain