SKRIPSI PGMI
Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Islamiyah Pringlangu 02 Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan memotivasi belajar peserta didik membutuhkan seorang guru yang terampil dan kompeten dalam bidang pendidikan dengan menggunakan pendekatan ilmiah yaitu pendekatan saintifik. Pada MI Islamiyyah pringlangu 02 di kelas II sudah menerapkan pendekatan santifik pada mata pelajaran fiqih. Dalam penerapan pendekatan saintifik terdapat beberapa faktor yaitu faktor penghambat dan pendukung penerapan pendekatan saintifik. Tujuan peneliti ini adalah untuk: (1) menjelaskan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran fiqih (2) untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan saintifik di MI Islamiyyah Pringlangu 02 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggunakan metode untuk menggambarkan suatu hasil penelitian dengan pendekatan kualitatif yang digunakan utuk meneliti kondisi obyek ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa,(1) Motivasi belajar siswa meningkat ketika siswa diajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Penggunaan pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih ini bisa membuat siswa aktif pada saat pembelajaran, seperti mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan. Dengan model pendekatan yang Bu Isviana gunakan saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga dapat mengarahkan dan mendorong semangat belajar siswa siswinya saat pelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar lebih baik lagi. (2) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II pada mata Pelajaran Fiqih kelas II Di MI Islamiyyah Pringlangu 02 Pekalongan, ada tiga tahap yaitu perencanaan, penggunaan, dan evaluasi. (3) Faktor pendukung dan penghambat pendekatan saintifik yakni pada faktor pendukungnya sendiri yaitu dari siswa, guru dan madrasah yang memadai, sedangkan salah satu faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu.
24SK2423027.00 | SK PGMI 24.027 KHO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain