SKRIPSI PBS
Pegaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Tabungan di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Siwalan
Perkembangan Lembaga keuangan syariah di Indonesia pada era sekarang cukup bertambah cepat, ditandai dengan semkin hari semakin bertambahnya jumlah anggota di suatu kantor koperasi dan adanya berbagai jumlah kantor cabang disuatu daerah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan memilih tabungan di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Siwalan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 responden dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 23.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih tabungan di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Siwalan. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih tabungan di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Siwalan. Promosi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan memilih tabungan di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Siwalan. Hasil koefisien determinasi didapati nilai Adjusted R Square sebesar 0,588 bahwa variabel keputusan memilih tabungan di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Siwalan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi sebesar 58,8% dan sisanya 41,2% dijelaskan oleh variabel lain.
Kata Kunci : Kualitas produk, Kualitas pelayanan, Promosi, Keputusan.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman. (2019). KSPPS - SMNU Pekalongan Sisihkan Keuntungan untuk Marbot dan Beasiswa. Radar Pekalongan. https://radarpekalongan.co.id/65022/kspps-smnu-pekalongan-sisihkan-keuntungan-untuk-marbot-dan-beasiswa/
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Manajemen, 12 No.1(1), 32–39.
Adam, M. R. R. & M. N. (2021). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Harga terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji di PT. Bank Muamalat Jambi.
Alvianna, S., Putra Pratama, B., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Krisnanda, R. (2021). Mediation Effect of Customer Satisfaction from the Relationship between System Quality, Information Quality, and Service Quality towards Interests of Tourist Visiting in East Mediation Effect of Customer Satisfaction from the Relationship between System Q. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(1). www.ijisrt.com95
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21.
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219.
Aulia Latifah. (2019). Pengaruh Pelayanan, Promosi, Aksesibilitas, Fasilitas, Citra Perusahaan dan Nilai Islami terhadap Preferensi Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun 2018.
Bramasta, K. O., & Utomo, S. B. (2022). Pengaruh Promosi Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Universitas Wijaya Kusuma Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(6), 1–16.
Charista Vania. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Monas pada PT Bank DKI Cabang Utama Balaikota.
Citrawati, V. D., Prakosa, A., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Produk, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Tabungan Tamansari BPR Bantul. Equilibrium : Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 1–8. https://journal.actual-insight.com/index.php/equilibrium/article/view/50
Darma Budi. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Darmawan, A., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Promosi Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Cicil.Co.Id Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 96–105. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27223
Duli Nikolaus. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPPS. CV Budi Utama.
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–146.
https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.10
Faqih, F. Al. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Tabungan Marhamah Pt Bank Sumut Kcp Syariah Karya. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 22.
https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.506
Farida, B. S., & Mahfud, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produkterhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behavior Sebagai Variabel Moderator ( Studi Kasus Pada Produk Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Wonosobo ). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 348–356.
Gaspersz Vincent. (2006). Total Qualiti Management untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Pt Gramedis Pustaka Utama.
Hadita, & Adiguna, D. (2019). The effect of location and the promotion mix on visitors’ interest: The case of Muara Beting beach and the forest of Mangrove Muara Gembong Bekasi. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(5), 1–13.
Hakiki Nur. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan nasabah memilih tabungan Mudharabah di BMT Agromadani Rokan Hilir.
Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 828–838. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index
Hariputra, R. P., Defit, S., & Sumijan. (2022). Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Menggunakan Metode Accidental Sampling. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 4, 70–75.
https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v4i2.127
Hartanto, A., & Andreani, F. (2019). Di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1).
Hidayat, W. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Tabungan Wadiah (Studi Pada BMT ASSYAFI’IYAH Cabang Pringsewu). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Margin : Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , Dan Lokasi Terhadap. Pemasaran Esensi & Aplikasi, 1, 52–60.
Iqbal, M., & Kadir, A. (2019). Jieb : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merchant Go Food Festival Duta Mall Banjarmasin. JIEB: Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 227–237. http://ejournal.stiepancasetia.ac.id/index.php/jieb
Khairunnisa & Ryandar Muhammad Kevin. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan Simpedes Dan Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kcp Stabat. 1 (1).
Lestari Diah. (2019). Peran Pembiayaan Musyarakah Dalam Meningkatkan Tingkat Pendapatan Ukm (Studi Kasus di Kspps BMT Pekalongan cabang Kedungwuni).
Lubis, N., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan konsumen memilih jasa pengiriman. Management and Business Review, 5(1), 29–39. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i1.5316
Lutfiyani, V., & Soliha, E. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan (Studi pada KSPPS Bondho Ben Tumoto Semarang)". Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Papers, September, 62–68. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/madic/article/view/7523%0Ahttps://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/madic/article/download/7523/2499
Manoy, T. I., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 314–323.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36231
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134
Maria Setijantini Alie, H. & U. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22 (1).
Maula Nghizaul Fatul. (2021). No Title. Pengaruh Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi Pata PT. Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo).
Maulida, H., Nawawi, M. K., & Hakim, H. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Bank Syariah terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung pada Pengikut Autobase @Collegemenfess. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 176–191. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.607
Mentari, N. M., Yohani, & Hudaya, F. (2022). The Effect of Promotion, Service Quality, Motivation, and Perception on Customer Decisions to Choose Gold Savings Products at Pekalongan Syariah Pegadaian. Jurnal Neraca, 18(1), 47–74.
Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35.
https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42
Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Pengembalian Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia. Jurnal Martua, VOL. 3 NO.(1), 17.
https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/266.
Muhammad, A. (2022). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Harga terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Di PT. Bank Muamalatitle No Title No Title. Journal Of Comprehensive Islamic Studies, 1 No 1, 1–23.
Mulyana Sri. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Ilmu Manajemen, 7 (2).
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325
Nawal Ika Susanti, Nurul Inayah, & Nisrina Maesa Hamzah. (2020). Pengaruh Faktor Keluarga, Religiusitas Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Konvensional (Studi kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Darussalam). Malia (Terakreditasi), 11(2), 221–240. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2104
Nurdiana Lia. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, Citra merek dan Lokasi terhadap Keputusan Anggota Memilih Produk Tabungan di Kopontren AL – Barkah dan BMT Istiqomah tulungagung.
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukmmart Kartikawidya Utama. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.
Putri, W. S., Rachma, N., & ABS, M. K. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Riset Manajemen, 19–30. http://www.academia.edu/download/38127186/Review_Jurnal_Impact_of_CRM_Factors_on_Customer_Satisfaction_and_Loyalty.docx
Rahmawati, I., & Illiyin, R. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian HP Oppo. Jurnal Ilmiah Hospitality , 10(1), 103–112. http://stp-mataram.e-journal.id/JIH
Reza Nurul Ichsan, Ahmad Karim. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57.
https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729
Rizkulillah, C. A., Devy, H. S., & Pratama, V. Y. (2022). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Citra Perusahaan Dan Promosi Dalam Mempengaaruhi Minat Menabung Anggota Koperasi. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 138–151. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.79
Rohmah Ayu Silvi. (2019). Pengaruh Mobile Usaha Gabungan Terpadu, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Anggota Memilih Tabungan Mudharabah Berjangka Pada Baitul Maal Wa Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Blitar.
Rumambi, M. K., Soegoto, A. S., & Jopie, R. J. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Grand Luley Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5993–6002.
Saida Zainurossalamia. (2020). Manajemen Pemasaran teori dan praktik. 30.
Sakiyah Ulfa. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Memilih Produk Tabah di KSPPS Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Ummat Kantor Cabang Pakong Pamekasan.
Sari Cita Dian, Wardhana Aditya, Arafah, D. M. dkk. (2021). Manajemen Pemasaran (Hartini (ed.)). Media Sains Indonesia.
Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1581–1590. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/308/261
Sholeha Imroatus. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Anggota Memilih Produk Tabungan (Wadiah) di KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Pamekasan)”.
Sihotang Mutiah Khaira. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian produk (Studi Kasus PAda Konsumen Produk PT. HNI HPAI). Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 1 (2).
Siregar, S. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Mudharabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Tomang Elok ….
http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7582%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/7582/1/SKRIPSI.pdf
Sofyan, A Syathir, W. (2021). Pengaruh Pengetahuan Religiussitas Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia KCP Sidrap. Ekonomi Islam, 1(3), 17–44.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Suryani Lilis. (2022). The Relationship Of Multimedia, The Internet to The Development. 2 No 2.
Suryaningsih, F. (2018). Pengaruh Promosi, Motivasi, Dan Digitalisasi Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Emas Di Pegadaian UPC Ajibarang. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Syamsul Mulya E, F. I. & N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Mabrur. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 3 (2).
Tabelessy, W. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Ambon. Jurnal Soso-Q, 8(1), 96–112.
https://doi.org/10.30598/sosoq.v8i1.1084
Taroreh Rita N, M. L. & P. F. C. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224
Trimulato, A. A. & J. D. E. (2022). Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan di BMT Alif Mandiri Makssar. Journal of Finance Adn Business Digital, 1 (2).
Ulfa, D., & Sulistyorini, U. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Kembali (Studi Pada PT BPD Jawa Tengah Kantor Cabang Pembantu Syariah UNISSULA). Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 62–72.
Ulya, Z., Yahya, M., & Anggrainingsih, D. W. (2022). Pengaruh promosi, motivasi, dan biaya administrasi terhadap keputusan masyarakat memilih produk tabungan emas. Jurnal Investasi Islam, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.32505/jii.v6i2.3735
Widyantari, D. S. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Bca Syariah. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60482%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/60482/1/DYAH SUCI WIDYANTARI-FEB.pdf
Wiharso, G., & Alexandri, M. B. (2020). Cabang Bogor. Responsive, 3(2), 101–107.
Winanti, W., Bahri, S., Nurbaeti, A., & Novita, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Amanah Di BMT Purwakarta Amanah Sejahtera. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 5(2), 273–298. https://doi.org/10.37726/ee.v5i2.172
Zafira, P., & Sugiarti, R. (2022). Pengaruh Citra Perusahaan, Iklan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan IB Amanah di BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Bandung. Jurnal Dimamu, 1(2), 198–207. https://doi.org/10.32627/dimamu.v1i2.478
Zebua, B. J. Z., & Andronicus, M. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Sumut. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 3(1), 65–79.
https://doi.org/10.34012/jebim.v3i1.1793
24SK2442102.00 | SK PBS 24.102 DIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain