SKRIPSI PBS
Pengaruh Eksistentensi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Melalui Keputusan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus BTM Pemalang Kc Moga)
Tujuan akhir dari semua pemasaran di lembaga keuangan adalah terbentuknya ketertarikan sehingga membuat seseorang mempunyai keputusan untuk bergabung menjadi nasabah di lembaga keuangan tersebut. Pengambilan keputusan adalah upaya seseorang mengambil pilihan yang dianggap tepat, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, dalam pengambilan keputusan ini, perusahaan harus mempunyai eksistensi dan kualitas produk yang baik agar mendapat kepuasan dari nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh eksistensi dan kualitas produk terhadap keputusan menjadi nasabah melalui kepuasan sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis Part Least Square dengan bantuan software SmartPLS 3.29.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi berpengaruh terhadap keputusan, sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan. Eksistensi dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Selain itu, terjadi pengaruh tidak langsung antara eksistensi dan kualitas produk terhadap keputusan menjadi nasabah melalui kepuasan di BTM Pemalang KC Moga.
Kata kunci: Eksistensi, Kualitas Produk, Keputusan, Kepuasan.
DAFTAR PUSTAKA
Amirah, T. N., & Fasa, M. I. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk di Bank Syariah. Jurnal Perbankan Syariah.
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra ( Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga ). 4(1), 120–136.
Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140.
https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73
Arafat, F. (2020). Eksistensi BMT sebagai Baitul Maal Wat Tamwil dan Problematika Hukumnya Fashihuddin Arafat Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik Email : fashihuddin.arafat@gmail.com.
Arfin, M. (2020). Malkhan Arfin Hakim Heru Suprihhadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya.
Arinta, Y. N., Nabila, R., Umar, A. U. A. Al, Alviani, A. W., & Yuni Inawati. (2020). Eksistensi Bank Wakaf Mikro Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Islam. 6(02), 372–378.
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 1(1), 1–14.
Cabang, K., Wonosobo, P., Farida, B. S., Mahfud, Y., Manajemen, P., Ekonomi, F., Sains, U., & Qur, A.-. (2021). TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DENGAN RELIGIOUS BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATOR ( STUDI KASUS PADA PRODUK TABUNGAN BANK MUAMALAT. 2(2).
Candra, V., Simarmata, N. I. P., Mahyuddin, Purba, S., Chaerul, M., Hasibuan, A., Siregar, T., Sisca, Karwanto, Romindo, & Jamaludin. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022a). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE : KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 3(1), 211–224.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022b). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Daga, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Tabunganku Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Sulselbar Kantor Cabang Blopa. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140.
Detanatasya. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. PROGRAM STUDI MANAJEMEN JURUSAN MANAJEMEN.
Dewi, W. S., Hasiolan, L. B., & Minarsih, M. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management, 2(2).
Dzajuli, A., & Yadi Janwari. (2002). Lembaga-lembaga Perekonomian Umat, Sebuah Pengenalan. PT. Raja Grafindo.
Faruq, U., & Jennah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menabung pada Produk Tabungan Mudharabah di KSPPS BMT NU Cabang Camplong. 3(1), 22–34.
Hariyanto, Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko F3 Situbondo. 1(9), 1784–1795.
Hasanuddin, M. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Eksistensi Dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen UNSRAT, 4(1), 49–66.
Ida. (2020). Pengaruh Keberadaan Terhadap Perilaku Masyarakat Pada Bank Syariah.
Ismiatul Qhairiyah. (2020). Pengaruh Eksistensi, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap keputusan Mahasiswa IAIN Madura dalam menggunakan produk bank syariah dengan kepercayaan sebagai Variabel Intervening.
Khairina. (2018). Pengaruh Eksistensi Bank Mini Terhadap Keputusan Menabung Siswa Jurusan Akuntansi melalui Kepuasan.
Kurniawati, R. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap pengambilan keputusan nasabah dalam pembiayaan.
Manampiring, A. S., Tumbuan, W. J. A. F., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Eksistensi, dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Mandiri Manado. Harga… 164 Jurnal EMBA, 4(2), 164–176.
Manoy, T. I., Mananeke, L., Rotinsulu, J. J., Pembelian, K., Cv, P., Maumbi, A. K. E., Manoy, T. I., Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2021). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY AND SERVICE QUALITY TOWARD PURCHASE DECISIONS AT CV . AKE MAUMBI Jurnal EMBA Vol . 9 No . 4 Oktober 2021 , Hal . 314-323. 9(4), 314–323.
Maulidya, D. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai variabel intervening (Studi kasus pada konsumen Wardah di kota Malang).
Mawardi. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Inovasi Manajemen.
Muawwanah, U. (2022). Eksistensi Industri Keuangan Syariah Sebagai Aktor Roda Perekonomian Di Indonesia. 4(1), 8–15.
Nadiya, F. H., & Susanti Wahyuningsih. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3Second di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3Second di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3.
Nathania. (2020). “Pengaruh Eksistensi Bank Mini Terhadap Minat Menabung Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pekanbaru.”
Nuriah, S. (2018). Baitut Tamwil Muhammadiyah.
Putri Balqis. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG PEKALONGAN PONOLAWEN.
Rohmah, S. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Logam Mulia Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Digital Library.
Rohman, P. S., Laila, N., & Shofawati, A. (2022a). Baitul Mal Wat Tamwil Architectural Map : Regulatory Analysis Peta Arsitektur Baitul Mal Wat Tamwil : Analisis Regulasi. 6(1), 30–39.
https://doi.org/10.21070/perisai.v6i1.
Rohman, P. S., Laila, N., & Shofawati, A. (2022b). Baitul Mal Wat Tamwil Architectural Map : Regulatory Analysis Peta Arsitektur Baitul Mal Wat Tamwil : Analisis Regulasi. 6(1), 30–39.
https://doi.org/10.21070/perisai.v6i1.1583
Rustiana. (2018). Eksistensi Lembaga Keuangan Mikro dan Implikasinya Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Lembaga Keuangan Mikro Tunas Mulya
Cemerlang di Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan).
Sabaru, W. C., Wenas, R. S., Mandagie, Y., Produk, P. K., Dan, H., Produk, I., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2022). ( PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO ) INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY , PRICE AND PRODUCT INNOVATION ON VIVO SMARTPHONE CONSUMER LOYALTY ( AT SAM RATULANGI UNIVERSITY MANADO STUDENTS ) Jurnal EMBA Vol . 10 No . 3 Juli 2022 , Hal . 340-352. 10(3), 340–352.
Sangadji, S., Marx, K., Weber, M., & Dhurkiem, Em. (2019). Tiga Teori Klasik yang Menjadi Grand Theory pada Awal Masa Perkembangan Ilmu Pengetahuan Social. Open Science Framework.
Saputra. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Motivasi Kerja: Studi Kasus Di Hotel Merah Group Magetan, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Islam Indonesia. 1–183.
Simanjuntak, D. C. Y., Limbert, C., & Edison, D. (2022). Pengaruh Eksistensi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sinarmas. Jurnal Ekonomi, 8(4), 479–484. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i4.143
Syamsuni, & Rantisari. (2021). Statistik dan Metodogi Penelitian Edisi 2. KBM Indonesia.
Takziyah Mufidah. (2021). PENGARUH KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA LAYANAN ONLINE (GO-JEK) DI WILAYAH YOGYAKARTA.
Usamah, U. (2022). JEBIS : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam THE MODERATION ROLE OF GENDER ON THE FINANCIAL. 8(1), 18–31. https://doi.org/10.20473/jebis.v8i1.28935
Utomo, L. C. (2021). PENGARUH EKSISTENSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KOTA MALANG (Studi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Malang Soetta Eks BRI Syariah).
Wawancara dengan Avita. (2023). Profil BTM Pemalang.
Wihasto, H. (2022). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH MELALUI KEPUASAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI. 2(1), 1–10.
24SK2442096.00 | SK PBS 24.096 YUN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain