SKRIPSI PBS
Pengaruh Media Sosial, Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia
Di era digital yang sekarang itu teknologinya serba canggih dan sudah tidak dihiraukan lagi yang namanya mobile banking. Sehingga nasabah dengan mudah menggunakannya serta terdapat fitur-fitur tersendiri guna melakukan transaksi seperti penarikan, transfer antar bank dan melakukan berbagai pembayaran. Oleh karena adanya inkonsistensi hasil penelitian yang terdahulu, sehingga bisa dilakukannya yang lebih lanjut lagi. Seorang peneliti yang bernama Karina Widianingrum (2021) telah melakukan penelitian disampaikan bahwa kemudahan tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan mobile banking sebesar 0,117. Namun hasil penelitian Serli Marisa (2021) dan R.A. Kartika Permata Sari (2020) menyampaikan jika kemudahan berpengaruh positif terhadap penggunaan mobile banking.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI dengan 100 responden yang menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat variabel bebasnya yaitu media sosial, kemudahan dan fitur layanan dan variabel terikat yaitu minat. Dengan menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik uji hipotesis dan uji kesesuaian dengan bantuan SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel bebas kemudahan dan fitur layanan berpengaruh signifikan, berbeda dengan variabel media sosial yang tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu minat. Secara keseluruhan semua variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap minat dengan kontribusi sebesar 30,0% sementara sisanya 70,0% dijelaskan oleh
variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Media Sosial, Kemudahan, Fitur Layanan dan Minat.
DAFTAR PUSTAKA
Andih, D. C. (2018). Peran Media Sosial (Facebook, Instagram, Youtube) Dalam Menarik Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Tetempangan Hill Kab. Minahasa Prov. Sulawesi Utara. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1), 74–80.
Dhelfi, Z. R. (2018). Pengaruh Promosi Dan Lokasi Bank Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8),1689–1699.
Handayani, S., & Anitasari, M. (2022). Karakteristik Pengguna Mobile Banking di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis,10(S1), 353–366. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2002
Kayati, K. (2018). Peran Theory of Reasoned Action Terhadap MinatT Menggunakan Produk Bagi Hasil Bank Syariah. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 3(01), 454–467. https://doi.org/10.35706/acc.v3i01.1210
Keuangan, L. P., Laba, L., Dan, R., Komprehensif, P., Posisi, L., Perusahaan, K., Dan, P., Non, B., Rugi, L., Berjalan, T., & Pajak, S. (2022). LAPORAN KEUANGAN. 2021, 14040.
Laksana, G. B., Astuti, E. S., & Dewantara, R. Y. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking ( Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) Kantor Cabang Rembang , Jawa Tengah ). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2), 1–8.
Mahyarni, M. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior. Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. http://ejournal.uin- suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17
Marisa, S. (2021). Pengaruh Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Dengan Minat Bertransaksi Ulang Secara Online Sebagai Variabel Moderating ( Studi Kasus Mahasiswa Febi Iain Salatiga Skripsi. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/10775
Mubarok, H., Naufal, A., Putra, E. P., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Sosial Media, Electronic Word Of Mouth Dan Komunitas Terhadap Minat Menggunakan Produk Perbankan Syariah. In Ekonomi & Bisnis (Vol. 21,79 Issue 2). https://doi.org/10.32722/eb.v21i2.5225
Poon, W. C. (2008). Users’ adoption of e-banking services: The Malaysian perspective. Journal of Business and Industrial Marketing, 23(1), 59–69. https://doi.org/10.1108/08858620810841498
Pranantha, E. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fitur Produk BSI Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Sleman. Dspace.Uii.Ac.Id, 130.
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger- Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019). No Title. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Reni, C. (2019). SKRIPSI PENGARUH BAGI HASIL , PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN LOKASI TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DI BNI SYARIAH BANDA ACEH Disusun Oleh : CUT RENI ANGGREINI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH. 6.
Rithmaya, C. L. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Bca Dalam Menggunakan Initernet Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen,16(1), 160. https://doi.org/10.17970/jrem.16.160110.id
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.
Siregar, M. A. G. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Kualitas Produk Kecamatan Medan Labuhan Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Manajemen.
Sugiyanto, S., Mulyana, M., & Ramadhan, M. V. (2021). Pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.404
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06
Widianingrum, K. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Nasabah. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/53095/1/FAISAL - FEB.pdf
24SK2442093.00 | SK PBS 24.093 LAT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain