SKRIPSI ILHA
Relevansi Kemampuan Tahfidh Al-Hadis dengan Religiusitas (Studi Kasus Peserta Didik MAN 1 Kota Pekalongan )
Religiusitas lima dimensi yang di tulis oleh Glock & Stark merupakan teori yang digunakan untuk dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Tahfizh Al-Hadis, dimana hal ini dapat dilihat dari bagaimana individu melakukan aktivitas dan ritual keagamaan yang dianut dan wujud religiusitas yang paling penting yaitu seseorang bisa mengalami dan merasakan lima dimensi. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Apakah terdapat relevansi antara kemampuan Tahfizh Al-Hadis dengan religiusitas siswa di MAN 1 kota Pekalongan (2) Bagaimana kemampuan Tahfizh Al-Hadis dengan religiusitas di MAN 1 kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian library research. Adapun metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan menggunakan pendekatan antropologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa buku religiusitas, sedangkan sumber data sekundernya berupa buku, jurnal, artikel, dan dokumen lainnya yang sama dengan penelitian ini. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori religiusitas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) Terdapat relevansi antara kemampuan peserta didik Tahfizh Al-Hadis terhadap teori religiusitas lima dimensi yang ditulis oleh Glock & Stark menurut perspektif islam (2) Secara keseluruhan kemampuan peserta didik Tahfizh Al-Hadis yaitu baik dan sesuai dengan rumusan konsep teori lima dimensi religiusitas tersebut.
24SK2432004.00 | SK ILHA 24.004 MAU r | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain