SKRIPSI PAI
Efektivitas Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) Di SMK Nusantara 1 Comal
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap jalannya pembelajaran dan juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Oleh karena itu proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif jika peserta didik ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran learning start with a question merupakan salah satu pembelajaran aktif yang dapat memberi peluang kepada peserta didik agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga pembelajaran di dalam kelas lebih menyenangkan, melalui bertanya peserta didik dapat menganalisis serta menerima masukan dari guru maupun temanya, di mana hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1). Bagaimana pembelajaran learning start with a question di SMK Nusantara 1 Comal?, (2). Apakah penggunaan metode pembelajaran learning start with a question efektif terhadap peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas X TKJ di SMK Nusantara 1 Comal?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran learning start with a question di SMK Nusantara 1 Comal, apakah penggunaan metode pembelajaran learning start with a question efektif terhadap peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas X TKJ di SMK Nusantara 1 Comal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data uji T. Sampel sebanyak 32 peserta didik yang diperoleh dari teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes yaitu teknik pretest dan posttes serta instrument tambahan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran learning start with a question terhadap peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas X TKJ di SMK Nusantara 1 Comal. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,038 < 0,05. Sedangkan pada nilai N-Gain yang didapat sebesar 57,3958 atau 57%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran learning start with a question cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas X TKJ di SMK Nusantara 1 Comal.
24SK2421293.00 | SK PAI 24.293 LIN e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain