SKRIPSI PAI
Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Kelas VIII Dan IX Di SMP Islam Simbang Wetan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang nilai ajaran akidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran peserta didik dalam berbuat dan bertingkah laku, dan dengan adanya perbedaan setiap peserta didik dalam kemampuan intelektual sehingga dalam proses pembelajaran masih ada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Dalam hal ini peeliti menghubungkan masalah prestasi dan hasil belajar mata pelajarn akidah akhlak dengan tingkah laku dan model belajar peserta didik di SMP Islam Simbang Wetan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Islam Simbang Wetan. (2) untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMP Islam Simbang Wetan, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Sekolah Menengah Pertama Islam Simbang Wetan sebagai masukan untuk memperbaiki akhlak dan prestasi belajar. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), (2) dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, (3) teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan model pembelajaran direct instruction. Peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction, lebih nyaman dengan metode yang digunakan seperti: memberikan infromasi, tanya jawab atau tutor sebaya, dan berkelompok. dengan menggunakan model tersebut hasil belajar siswa SMP Islam Simbang Wetan lebih meningkat.
24SK2421288.00 | SK PAI 24.288 MUN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain