SKRIPSI PIAUD
Implementasi Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Di SPS TPQ Omah Cendekia
Literasi sains merupakan literasi dasar yang sangat penting bagi pendidikan anak usia dini karena pada dasarnya literasi sains berpotensial untuk ditanam dan dikembangkan pada anak usia dini, di SPS TPQ omah cendekia ditemukan bahwa kegiatannya masih menggunakan kegiatan yang berulang secara berkala, kemudian kurangnya literasi sains pada anak, serta kurangnya pengenalan dan edukasi terkait fenomena-fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar, sedangkan STEAM merupakan model pembelajaran kolektif yang merujuk pada aspek ilmu seperti science, technology, engineering, art dan mathematics, model pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman anak dan melatih daya berpikir kritis anak untuk memahami sesuatu dan untuk memecahkan masalah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi literasi sains anak usia dini melalui model pembelajaran STEAM berbasis proyek di SPS TPQ Omah Cendekia?, (2) Bagaimana hasil dari proses implementasikan literasi sains anak usia dini melalui model pembelajaran STEAM berbasis proyek di SPS TPQ Omah Cendekia?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer penelitian ini adalah Ibu Nisful Laela, S.Pd.I selaku kepala sekolah, dan Ibu Niswatul Ulya, S.E guru lelas B (Biru) dan anak-anak kelas B (Biru), sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi literasi sains melalui model pembelajaran STEAM berbasis proyek di SPS TPQ omah cendekia, bahwa implementasi berjalan sesuai perencanaan pembelajaran yang dibuat dan dirancang oleh guru, dan hasil dari implementasi ini anak-anak SPS TPQ mengalami peningkatan yang baik dan positif, mulai dari meningkatnya literasi sains, dan meningkatnya kognitif, pemahaman, keaktifan, dan antusiasme anakpun ikut meningkat karena pembelajaran yang bervariasi ini.
24SK2424067.00 | SK PIAUD 24.067 RIH i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain