SKRIPSI PIAUD
Implementasi Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Bercocok Tanam Di RAM NU Al-Utsmani Gejlig Kajen
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penerapan nilai-nilai karakter tanggung jawab di lingkungan sekolah. Hal ini terlihat masih ada anak membuang sampah tidak pada tempatnya, merusak tanaman, dan mengganggu teman yang sedang mengerjakan tugas. Karakter tanggung jawab merupakan salah satu karakter penting yang harus diterapkan sejak usia dini. Hal ini dikarenakan karakter tanggung jawab adalah dasar seseorang dalam menjalankan kehidupan dimasa depan. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk menumbuhkan nilai karakter tanggung jawab anak yakni bercocok tanam. Kegiatan bercocok tanam memiliki daya tarik sendiri bagi anak usia dini karena dilaksanakan di luar kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (Field Reshearch). Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi: data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), data conclusion (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab di RAM NU Al-Utsmani Gejlig Kajen melalui kegiatan bercocok tanam cukup efektif digunakan sebagai wadah menumbuhkan rasa tanggung jawab anak. Anak sangat antusias mengikuti kegiatan bercocok tanam sampai selesai. Terdapat tiga tahap yang harus dilalui yakni pertama perencanaan terdiri dari penyusunan (RPPH) dan menyiapkan alat serta bahan. Kedua, pelaksanaan terdiri dari menyiapkan dan meastikan anak membawa tanah dan botol, mengantri bibit tanaman bawang, memasukkan tanah ke dalam botol, memasukkan bibit tanaman ke tanah dengan posisi bagian yang sudah dipotong berada di atas, setelah selesai anak meletakkan tanaman di tempat yang sudah disediakan sekolah, dilanjutkan membereskan sampah sisa kegiatan dan mencuci tangan, terakhir anak menyirami tanaman setiap hari diwaktu istirahat. Ketiga evaluasi, pendidik menggunakan penilaian jenis observasi dan unjuk kerja untuk melihat sejauh mana perkembangan karakter tanggung jawab anak. Faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab melalui kegiatan bercocok tanam di RAM NU Al-Utsmani yakni pertama: faktor pendukung yakni: adanya kerjasama yang baik antara orang tua dengan pendidik, pendidik yang profesional, lingkungan sekolah yang memadai, dan muatan kurikulum yang berlaku di sekolah. Kedua, faktor penghambat yakni kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tugas bercocok tanam, sarana prasarana yang terbatas, dan waktu pelaksanaan yang hanya kurang lebih satu jam setiap pertemuan.
24SK2424064.00 | SK PIAUD 24.064 RAS i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain