SKRIPSI PIAUD
Pengembangan Media Creativity Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini di TK ABA Binagriya
Orang tua yang memiliki anak kecil yang khawatir anaknya tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah jika tidak dibekali keterampilan calistung, sehingga memaksa orang tua akhirnya memaksa anaknya untuk belajar calistung khususnya membaca. Permasalahan yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagimana pengembangan media Creativity Box untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di TK ABA Binagriya? 2) Bagaimana kelayakan media Creativity Box untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di TK ABA Binagriya ? 3) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK ABA Binagriya ?
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development ). Dalam penelitian ini produk yang diteliti akan dikembangkan berupa media pembelajaran membaca permulaan yang berupa Creativity Box. Model yang diterapkan dalam penelitian peneliti yaitu model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).
Hasil penelitian ini adalah pengembangan media Creativity Box Memalui 5 tahapan yang pertama tahap analisis dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung saat proses pembelajaran berlangsung, tahap kedua desain ini dimulai dengan mendesain struktur media pembelajaran Creativity Box, tahap ketiga yaitu tahap pengembangan pada tahap ini membuat rancangan media yang sudah di desain, tahap keempat yaitu tahap Implementasi merupakan uji coba media pembelajaran secara langsung setelah melakukan perbaikan dan masukan saran dan kritik dari para ahli, tahap terakhir yaitu tahap evaluasi proses penilaian yang menetukan produk tekah dikembangkan berhasil atau tidak. Pengembangan media Creativity Box di TK ABA Binagriya memenuhi kriteria sangat layak digunakan dengan skor 85% oleh ahli media, skor sebesar 92,5% oleh ahli materi dan dari tanggapan guru memperoleh hasil 97,5%. Dari ketiga hasil skor tersebut memperoleh rata-rat 91,6 % . Untuk pengembangan media Creativity Box untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK ABA Binagriya mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan perolehan skor dari hasil analisis respon peserta didik dengan rata-rata 86% yang masuk dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik).
24SK2424063.00 | SK PIAUD 24.063 NUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain