SKRIPSI PIAUD
Pengembangan Media Permainan Pantupol untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat Al Fattah Sembungjambu
Konsentrasi memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif anaktanpa konsentrasi anak tidak bisa menerima dan memproses informasi yang di dapat dengan baik dan tepatkarena fokus anak yang teralihkan kepada hal lain. Sudah seharusnya hal ini menjadi perhatian pendidik dalam memahami pentingnya media pembelajaran sebagai sumber belajar anak. Media permainan pantupol merupakan media yang didesain untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, metode bermain sambil belajar memiliki nilai tersendiri dalam melatih konsentrasi anak, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi membawa anakkepada pengetahuan dan dari mengeksplor permainan anak menjumpai permasalahan yang ada sehingga dapat melatih anak dalam memecahkan masalah yang ditemui dan cara menyelesaikannya. Sebagaimana yang terdapat pada indikator permainan pantupol dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana desain pengembangan pantupol sebagai media untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Al Fattah Sembungjambu? (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pantupol untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Al Fattah Sembungjambu?
Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Dengan subjek penelitian anak kelas B TK Muslimat Al Fattah Sembungjambu. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya: wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknis analisis data berupa data proses pengembangan produk, dan analisis data produk yang dihasilkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji kelayakan permainan pantupol berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan presentase 92,5% dan ahli media 97,5% serta uji coba ahli PAUD mendapatkan presentase 97,5% Adapun pada penelitian awal sebelum penggunaan media pantupol perkembangan kognitif dari 14 anak mendapat rata-rata presentase 62,5% dengan kategori 8 anak MB, dan 6 anak BSH. Kemudian setelah penggunaan media pantupol pada uji lapangan terbatas dengan subjek 7 anak mendapat presentase 80% dengan kategori 3 anak BSH dan 4 anak BSB. Pada uji lapangan secara luas dengan subjek 14 anak, mendapat presentase 83% dengan kategori 4 anak BSH, dan 10 anak BSB. Berdasarkan pemaparan dari hasil penelitian serta hasil analisis tersebut maka produk dapat dinyatakan layak digunakan untukmeningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.
24SK2424061.00 | SK PIAUD 24.061 RIZ p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain