SKRIPSI PIAUD
Peran Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Sosial Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Masyithoh 03 Sampangan Kelurahan Kauman Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan
Peran Guru sebagai pendidik merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi dorongan (supporter), tugas tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana peran seorang guru dalam menumbuhkan jiwa sosial anak?, 2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam menumbuhkan jiwa sosial anak?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui upaya guru dalam Menumbuhkan jiwa sosial anak usia dini di TK Muslimat NU Masyithoh 03 Sampangan. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Menumbuhkan jiwa sosial anak usia dini dini di TK Muslimat NU Masyithoh 03 Sampangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan pegumpilan data. Sumber data yang digunakan yaitu studi pustaka dan pengumpulan data yang ada. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi. Dari hasil penelitian ini bahwa guru di TK Muslimat NU Masyithoh 03 Sampangan telah menjalankan beberapa perannya dalam menumbuhkan jiwa sosial pada anak walaupun tidak semua perannya terlaksana. Di antara peran guru yang telah terlaksana adalah sebagai berikut: (1) Peran Guru sebagai demonstrator, (2)Peran Guru sebagai pengelola kelas, (3). Peran Guru sebagai mediator dan fasilitator, (4). Peran Guru sebagai evaluator, (5). Peran Guru sebagai educator dan insturktor, (6) Peran Guru sebagai orang tua dan teladan, (7) Peran Guru sebagai pemberi keamanan, (8) Peran Guru sebagai psikolog dalam pendidikan, (9) Peran Guru sebagai guru sebagai pemimpin. (10) Peran Guru sebagai motivator. Ada 4 Peran guru yang belum maksimal dijalankan yaitu (1) Peran Guru sebagai inovator, (2) Peran Guru sebagai pekerja sosial, (3) Peran Guru sebagai ilmuan dan pemimpin.
24SK2424059.00 | SK PIAUD 24.059 QUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain