SKRIPSI PIAUD
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak dalam Buku "Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak (The House of Character Excellence)" Karya Arleen Amidjaja
Pendidikan karakter untuk anak usia dini memiliki makna yang lebih tinggi daripada pendidikan moral. karena tidak hanya berkaitan dengan masalah benar dan salah, akan tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan (habits) tentang berbagai perilaku yang baik dalam kehidupan agar anak memiliki kesadaran dan komitmen untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karakter yaitu kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan karena terbentuk dan berhubungan dengan jiwa manusia. Karakter erat kaitannya dengan karakter dan watak. Metode pendidikan karakter anak salah satunya melalui media. Salah satu media tersebut adalah buku dongeng. Dongeng merupakan bentuk sastra kuno yang menceritakan peristiwa-peristiwa fantastik dan tidak biasa serta dianggap tidak realistis oleh masyarakat.
Permasalahan yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku “Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak (The House of Character Excellence)” karya Arleen Amidjaja? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku “Kumpulan Dongeng Karakter Baik Untuk Anak (The House Of Character Excellence)” karya Arleen Amidjaja dengan pendidikan anak usia dini? Berdasarkan permasalahn tersebut, tujuan penelitian yang akan dicapai yaitu (1) Mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam buku “Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak (The House of Character Excellence)” karya Arleen Amidjaja., (2) Mengkaji relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku “Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak (The House of Character Excellence)” karya Arleen Amidjaja dengan pendidikan anak usia dini
Penelitian ini tergolong penelitian pustaka yang bersifat kualitatif, maka data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari dokumen-dokumen atau transkip yang telah ada. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak yang terdapat dalam Buku “Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak (The House of Character Excellence) Karya Arleen Amidjaja ada 10, antara lain jujur, disiplin, kerja keras, gemar membaca, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, demokrasi, peduli sosial, tanggung jawab, dan kreatif. (2) Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku “Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak (The House of Character Excellence)” Karya Arleen Amidjaja Dengan Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu (1) Nilai pendidikan karakter jujur dengan pilar ke 3 yaitu jujur, amanah, dan berkata bijak., (2) nilai pendidikan karakter kerja keras dengan pilar ke 6 yaitu percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah., (3) nilai pendidikan karakter peduli sosial dengan pilar ke 5 yaitu dermawan, peduli, dan kerja sama., (4) nilai pendidikan karakter tanggung jawab dengan pilar ke 2 yaitu disiplin, dan tanggung jawab.
24SK2424057.00 | SK PIAUD 24.057 LIA n | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain