SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajaran Seni Tari Modern Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kreativitas adalah salah satu bagian terpenting dari diri anak untuk dikembangkan. Perlu adanya upaya agar kreativitas yang ada dalam diri anak bisa berkembang. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk mengembangkan kreativitas anak adalah dengan media seni tari. Seni tari disinyalir dapat mengembangkan kreativitas anak dikarenakan dalam seni tari kompetensi keterampilan, pengetahuan dan afektif akan dieksplor secara bersamaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana implementasi pembelajaran seni tari modern untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini Kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan ? Dan kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran seni tari modern untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini Kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan ? Adapun tujuan dari penelitian ini, yakni pertama mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni tari modern untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini Kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Kedua, menggambarkan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran seni tari modern untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini Kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala, pendidik, dan peserta didik Kelas B TK ABA Pencongan, sedangkan data sekundernya yaitu rencana pembelajaran harian dan data berkaitan dengan TK ABA Pencongan. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik teoritis Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran seni tari modern di Kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pencongan dilakukan melalui tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Yang pertama, yakni guru membuat RPPH yang tepat, guru melaksanakan kegiatan menari seni tari sesuai dengan RPPH dan anak melalui kegiatan evaluasi antusias dalam mengiktui kegiatan. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya program seni tari modern dari TK ABA Pencongan, pendidik yang kompeten, sarana dan prasarana serta antusias anak yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dalam pembelajaran seni tari modern ini dan kurangnya keterlibatan orangtua peserta didik terhadap pembelajaran.
24SK2424054.00 | SK PIAUD 24.054 LIV i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain